F.A.Q.

F.A.Q. Frequently Asked Questions

Bismillah…

Halaman ini sengaja dibuat untuk memberikan informasi kepada pengunjung tentang F.A.Q., berbagai pertanyaan yang paling sering ditanyakan seputar kegiatan, program kerja, perencanaan program, visi dan misi, dan hal teknis lain seputar akun dakwah Kajian Sunnah Bandung.

Semoga dengan adanya daftar F.A.Q. ini, bisa membantu Anda dalam mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang serupa dengan apa yang pernah atau sering ditanyakan.

Silahkan disimak terlebih dahulu daftar F.A.Q (pertanyaan dan jawaban) yang ada, karena siapa tahu pertanyaan yang ingin Antum ajukan tersebut sudah terjawab disini. Namun apabila belum tercantum disini, jangan sungkan untuk menghubungi admin di 0838-2074-2929.

Keterangan :

  • Q (questions) : pertanyaan

  • A (answer) : jawaban

 

Q-1 : Apa itu Kajian Sunnah Bandung?

A-1 : Adalah sebuah komunitas/kelompok/perkumpulan yang terdiri dari beberapa orang, yang ingin memberikan manfaat bagi umat Islam pada umumnya dengan segala potensi yang dimiliki, dalam rangka menyediakan berbagai konten dakwah yang sesuai dengan Al-Qur’an, Sunnah dan pemahaman para Shalafush Shalih.

 

Q-2 : Apa yang dimaksud dengan KSB?

A-2 : KSB adalah kependekan dari Kajian Sunnah Bandung! Akronim ini diambil dari huruf pertama akun dakwah Kajian Sunnah Bandung. Tujuannya tidak lain agar bisa memudahkan penyebutan sehingga lebih singkat dan praktis.

 

Q-3 : Apa saja kegiatan KSB?

A-3 : Di awal berdirinya, KSB hanya memberikan informasi tentang jadwal kajian sunnah di Bandung dan sekitarnya di akun Instagram dan Facebook Fanpage Kajian Sunnah Bandung. Namun seiring waktu dan meningkatnya permintaan jamaah terhadap konten lainnya, maka kegiatan pun mulai bertambah banyak, seperti :

  1. Memberikan informasi jadwal kajian sunnah di Bandung via IG & FB, Telegram, dan grup WA,

  2. Mengelola grup WhatsApp dengan 4 orang admin (3 ikhwan dan 1 akhwat) yang berisi aneka informasi seperti info jadwal kajian, poster nasihat, video singkat, dan info program kerja yang diselenggakan oleh KSB,

  3. Menyelenggarakan kajian rutin setiap senin sore di Masjid Al-Amin Buah Batu Bandung,

  4. Menyelenggarakan kajian rutin setiap rabu sore (masih dalam tahap perencanaan),

  5. Membuat konten dakwah berupa poster nasihat yang dibagikan di akun sosial media KSB,

  6. Membantu pembuatan poster berisi info kajian yang diselenggarakan oleh beberapa pihak penyelenggara kajian di Bandung,

  7. Memfasilitasi kegiatan live streaming kajian rutin di beberapa masjid di Bandung, sebagaimana yang diinformasikan DISINI.

  8. Memproduksi konten dakwah berupa video, mulai dari peliputan, editing, hingga publikasi di akun dakwah KSB (sementara masih berbentuk video ceramah singkat),

  9. Membuka donasi seperti donasi sarana streaming & recording, donasi operasional, donasi kajian rutin, donasi video editing, penyaluran dana riba, donasi sosial, dan donasi lainnya yang dirasa perlu (pemanfaatan dana donasi yang masuk dimaksimalkan sebaik mungkin dengan laporan donasi yang disusun secara transparan),

Apabila ada tambahan kegiatan atau pergantian kegiatan, insya Allah akan diinformasikan kembali.

 

Q-4 : Kenapa banyak membuka Donasi?

A-4 : Penting untuk diketahui bersama, bahwa sebuah kendaraan dakwah memerlukan bahan bakar yang bisa membuatnya beroperasi. Demikian dengan kendaraan dakwah KSB ini, tentu banyak kebutuhan yang diperlukan seperti akomodasi, transportasi, kuota internet, mukafaah ustadz, fasilitas kajian, perlengkapan, peralatan, dan lain sebagainya.

Karena saat ini KSB belum memiliki sumber dana yang tetap, terlebih beberapa pengurus yang tergabung dalam kegiatan dakwah ini hanya bisa berkorban dalam bentuk tenaga, pikiran dan ilmu, maka untuk urusan pengorbanan harta, kami buka kesempatan tersebut kepada siapapun yang ingin ikut serta dalam menjalankan kendaraan dakwah ini sehingga semua pihak sama-sama bisa mendapatkan kebaikan dan keutamaan berdakwah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Hanya Allah yang Maha Tahu tentang balasan terbaik dari setiap ikhtiar yang kita lakukan.

 

Q-5 : Apakah KSB ini adalah bagian dari Lembaga / Yayasan tertentu?

A-5 : Tidak! Insya Allah KSB bergerak secara independen dengan niat ikhlas lillahi ta’ala, tanpa terikat dengan lembaga / yayasan tertentu. Hal ini akan terus demikian, karena jika KSB tergabung di dalam lembaga / instansi / yayasan atau apapun namanya, maka tentu akan ada kepentingan-kepentingan dari pihak yang terkait tersebut sehingga mempengaruhi KSB dalam hal kebijakan, kinerja, program kerja, dan lain sebagainya.

 

Q-6 : Dimana sekretariat KSB?

A-6 : Qadarullah wa ma sya’a fa’al, KSB tidak memiliki sekretariat resmi. Semua bergerak dan bekerja di rumah masing-masing, terkecuali saat melangsungkan kegiatan kajian, maka beberapa pengurus akan bertemu dan saling berkoordinasi di tempat tersebut. Dan Alhamdulillah, dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi, koordinasi dan perancangan kegiatan bisa tetap dilakukan tanpa terkendala jarak dan waktu melalui media online yang ada.

Walaupun tidak punya sekretariat, namun alhamdulillah tingkat kepercayaan jamaah tetap tinggi, yang dapat dilihat dari dukungan berupa saran, masukan, ide yang diterima oleh Admin, serta berbagai donasi yang masuk ke rekening khusus KSB. Ketiadaan sekretariat tak membatasi kami untuk menghasilkan konten dakwah yang bermanfaat bagi umat, serta ketiadaan sekretariat tersebut pun membuat kami tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar hanya untuk menyewa tempat.

Namun jika diperlukan dan memiliki sumber daya yang cukup, maka KSB akan mempertimbangkan untuk memiliki sekretariat sebagai base camp khusus untuk berkoordinasi secara langsung dengan tujuan untuk menciptakan konten dakwah yang lebih berkualitas, insya Allah…

 

Q-7 : Siapa pemilik rekening yang digunakan KSB?

A-7 : Rekening yang digunakan adalah milik KSB, hanya memang masih menggunakan nama pribadi, yaitu Septriana Ghafiki Nizam (Ustadz Rian Abu Rabbany). Beliau adalah penasehat sekaligus pembina KSB.

Inginnya kami menggunakan nama Kajian Sunnah Bandung, akan tetapi hal itu hanya bisa apabila KSB sudah berbentuk Yayasan atau Lembaga resmi yang terdaftar di pemerintahan.

 

Q-8 : Apa tujuan KSB sebenarnya?

A-8 : Kami menyadari betul, bahwa kegiatan dakwah di Bandung sudah sangat banyak! Berbagai yayasan dan lembaga sudah memfasilitasi dengan kajian rutin, video dakwah, dan yang lainnya. Tapi walaupun begitu, masih banyak pihak yang belum bisa menjangkau semua fasilitas tersebut.

Oleh karena itulah, KSB hadir sebagai pelengkap yang diharapkan bisa memberikan warna tersendiri dalam dakwah sunnah di Bandung pada khususnya, serta para jamaah dimanapun berada. Tentunya dengan tetap berada pada jalur yang benar, yakni merujuk pada Al-Qur’an, Sunnah, dan pemahaman para Shalafush Shalih. Aamiin.

Semoga ikhtiar sederhana ini bisa memberikan kebaikan dan keberkahan bagi para pengurus, pada donatur, serta pihak-pihak lain yang ikut berperan aktif dalam kegiatan dakwah yang dijalankan. Hanya balasan dari Allah Ta’ala saja yang kami harapkan, karena Dia-lah sebaik-baik pemberi balasan.

 

Q-9 : Apa pengurus KSB aktif di lembaga / yayasan?

A-9 : Beberapa mungkin ada yang aktif, namun hanya sekedar membantu dan bukan menjadi bagian vital di dalamnya. Kalaupun ada yang aktif dan termasuk bagian vital, tentu pihak Yayasan / Lembaga tidak akan mengizinkan untuk menjalankan kegiatan lain di luar lembaga / yayasannya, terlebih jika kegiatan yang dijalankan sama-sama bergerak dalam bidang dakwah.

Dakwah itu mengajak umat untuk kembali kepada Syari’at Allah Ta’ala, bukan mengajak pada Lembaga / Yayasan tertentu. Sehingga dimanapun kami beraktivitas, semua tetap dikembalikan kepada hakikat dan tujuan dakwah itu sendiri, yakni dakwah kepada Allah Ta’ala.

Jika ada yang beranggapan bahwa KSB berada di bawah bendera Yayasan / Lembaga tertentu, maka silahkan simak kembali pertanyaan dan jawaban nomor 5 di atas.

 

Q-10 : Siapa saja pengurus KSB?

A-10 : Beberapa pengurus hanya ingin berada di balik layar dan tidak ingin di ekspos ke umum. Hal ini kami apresiasi karena mungkin pertimbangan mereka tersebut, adalah untuk menjaga agar hati senantiasa ikhlas tanpa mengharapkan pengakuan dari manusia. Karena kebaikan sekecil dan sehalus apapun, hingga tidak terlihat sekalipun, di mata Allah Ta’ala tetap nampak dan insya Allah tercatat sebagai amal kebaikan.

 

Q-11 : Apakah pengurus KSB diberikan Gaji?

A-11 : Jawabannya Tidak! Pengurus KSB bekerja secara ikhlas atas ikhtiar yang dilakukan. Kalaupun ada pengeluaran, maka itu hanya sekedar untuk menutupi biaya transportasi dan kuota.

***

Itulah F.A.Q Frequently Asked Question, yaitu beberapa pertanyaan yang sempat masuk kepada ADMIN kami, baik yang disampaikan secara langsung, atau via telepon dan chatting. Semoga dengan dibukanya informasi tersebut, bisa membuat jamaah lebih kenal siapa KSB sebenarnya.

Semoga info F.A.Q. ini bermanfaat…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini