Pembuka Pintu Rezeki #1 – Perbanyak Istighfar

Pembuka Pintu Rezeki #1 – Perbanyak Istighfar

Bismillah…

perbanyak istighfar

Mungkin banyak yang masih belum tahu, bahwasanya istighfar bisa menjadi pembuka pintu rezeki bagi manusia. Sebagaimana dalam surat Nuh ayat 10 – 12 :

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12)

 

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

Selain bisa menjadi pembuka pintu rezeki, istighfar pun insya Allah akan mendatangkan manfaat dan faidah lainnya seperti :

✅ Meraih kecintaan Allah
✅ Keburukan dirubah dengan kebaikan
✅ Sebab dimasukkan ke dalam surga
✅ Mendatangkan kemenangan
✅ Penghalang dari adzab

Tentunya istighfar disini bukan sekedar ucapan “astaghfirullah” saja, namun juga yang disertai dengan bertaubat, memohon ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

Salah satu amalan yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tentang istighfar ini adalah beliau merutinkan ber-istighfar dalam kesehariannya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَاللَّهِ إِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِى الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً

 

“Demi Allah, aku sungguh beristighfar pada Allah dan bertaubat pada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali.” (HR. Bukhari no. 6307).

Dari Al Aghorr Al Muzanni, yang merupakan sahabat Nabi, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّهُ لَيُغَانُ عَلَى قَلْبِى وَإِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ فِى الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ

 

“Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari sebanyak seratus kali.” (HR. Muslim no. 2702).

 
Al Qodhi ‘Iyadh mengatakan bahwa makna hadits di atas, yaitu ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan malas beliau membacanya seperti itu. Artinya, beliau rutin terus mengamalkan dzikir istighfar setiap harinya. Lihat Syarh Shahih Muslim karya Imam Nawawi, 17: 22.

Oleh karena banyak sekali manfaat dan faidah yang bisa didapat dari istighfar (meminta ampun dan bertaubat) ini, maka mari kita mulai amalkan dalam keseharian kita, yang mudah-mudahan ikhtiar tersebut bisa memberikan kebaikan dan keselamatan kepada kita semua. Aamiin…

 

Sumber
https://firanda.com/693-faedah-istigfar-dan-taubat.html
https://rumaysho.com/3437-perintah-memperbanyak-istighfar.html

***

Demikian artikel Islam tentang pembahasan Pembuka Pintu Rezeki #1 – Perbanyak Istighfar. Semoga apa yang sedikit ini bermanfaat. Tidak ada tujuan lain disampaikannya tulisan ini, melainkan ingin menyampaikan kebenaran yang Allah Subhanahu wa Ta’ala wajibkan untuk disampaikan, sehingga diri ini tidak termasuk orang yang menyembunyikan ilmu.

Dari semua yang disampaikan, yang benarnya dari Allah dan Rasul-Nya, yang salahnya dari diri ana sebagai manusia yang tidak akan luput dari kesalahan. Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran. Aamiin…

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum..

 

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *