Cara Pembayaran Fidyah Sesuai Sunnah

Cara Pembayaran Fidyah Sesuai Sunnah

Bagaimana cara pembayaran fidyah sesuai sunnah? Simak penjelasannya dalam artikel singkat berikut ini agar benar dan sesuai tuntunan… Insya Allah.

Bismillah…

Banyak orang yang belum tahu tentang cara membayar fidyah atas puasa wajib yang tidak bisa ditunaikannya dikarenakan ada udzur atau halangan yang dibenarkan oleh syariat.

Jika Anda atau anggota keluarga ada yang memiliki kewajiban untuk membayar fidyah, dan Anda belum tahu bagaimana cara membayarnya agar sesuai sunnah dan tuntunan, silahkan simak artikel ini! Semoga apa yang disampaikan bisa memberikan gambaran tentang hal tersebut.

Allah Ta’ala berfirman:

فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍ

“Membayar fidyah dengan memberi makan pada orang miskin.” (QS. Al-Baqarah: 184)

Syaikh Shalih bin Fauzan bin ‘Abdillah Al-Fauzan hafizhahullah dalam fatawanya (Al-Muntaqa) mengatakan,:

“Mengeluarkan fidyah tidak bisa digantikan dengan uang. Fidyah hanya boleh dengan menyerahkan makanan yang menjadi makanan pokok di daerah tersebut.”

Model Pembayaran Fidyah

Model pembayarannya dapat diterapkan dengan dua cara:

  1. Memasak atau membuat makanan, kemudian mengundang orang miskin sejumlah hari-hari yang ditinggalkan selama bulan Ramadhan. Sebagaimana hal ini dilakukan oleh Anas bin Malik ketika beliau sudah menginjak usia senja (dan tidak sanggup berpuasa).

  2. Memberikan kepada orang miskin berupa makanan yang belum dimasak. Alangkah lebih sempurna lagi jika juga diberikan sesuatu untuk dijadikan lauk.

Catatan Tambahan tentang Pembayaran Fidyah

  1. Pemberian ini dapat dilakukan sekaligus, misalnya membayar fidyah untuk 20 hari disalurkan kepada 20 orang miskin. Atau dapat pula diberikan hanya kepada 1 orang miskin saja sebanyak 20 hari.

  2. Fidyah dikeluarkan ketika punya kelapangan rezeki. Namun jika ia dalam keadaan tidak mampu, pendapat terkuat dalam hal ini, kewajiban fidyah jadi gugur. Bahkan jika ia dalam keadaan memiliki kelapangan rezeki nantinya, tidak wajib membayar baginya.

•┈┈┈•❀❁✿❁❀•┈┈•
📚 Disarikan oleh Ustadz Rian Abu Rabbany Hafizhahullah dari buku Fikih Bulan Syawal: Puasa Syawal, Qadha, dan Fidyah karya Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal hafizhahullah
•┈┈┈•❀❁✿❁❀•┈┈•

Semoga artikel tentang cara pembayaran fidyah sesuai sunnah ini bermanfaat dan memberikan faidah kepada kita semua.

Simak juga artikel Islam pilihan lainnya disini.

Barakallahu fiikum.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *