Update Laporan Donasi Sarana Video Editing

Update Laporan Donasi Sarana Video Editing

Bismillah…

Alhamdulillahilladzi bini’matihi tatimushalihat. Segala puji bagi Allah yang Maha Kaya dan Berkuasa atas segala sesuatu.

 

Update Donasi SVE

Semenjak dibukanya program Donasi Sarana Video Editing pada awal Februari 2020 hingga terakhir diinformasikan di bulan Mei 2020, alhamdulillah telah terkumpul dana sebesar Rp. 12.256.000,- (dua belas juta dua ratus lima puluh enam ribu rupiah), yang didapat dari para muhsinin yang memiliki kepedulian serta ingin ikut serta dalam ikhtiar dakwah yang team Kajian Sunnah Bandung jalankan.

Alhamdulillah sejak bulan Maret 2020, sudah dihasilkan berbagai video kajian yang dipublish di Youtube, di Facebook, di Instagram, serta di grup WA yang Kajian Sunnah Bandung kelola.

Berikut adalah sebagian statistik dari jangkauan video-video yang telah dipublikasikan :

statistik video kajian sunnah bandung

daftar video kajian sunnah bandung

statistik fb

 

Screenshot statistik di atas belum termasuk jangkauan dari video yang dibagikan via Instagram, via Telegram, serta via 5 grup WA dengan jumlah anggota kurang lebih sekitar 840 orang (berdasarkan data tanggal 31 Agustus 2020)

Semoga dengan bergantinya hari, jumlah video yang dihasilkan dari sarana video editing ini bisa terus bertambah, yang bisa menjangkau jamaah yang lebih banyak dan lebih luas dimanapun berada. Yang mudah-mudahan setiap orang yang menontonnya bisa mendapatkan faidah ilmu dan wawasan baru tentang ilmu agama Islam untuk diamalkan dalam keseharian.

Dan kita semua sebagai wasilah tersampaikannya ilmu tersebut, para muhsinin, team editing, team peliputan, para asatidz, panitia penyelenggara kajian, bisa mendapatkan limpahan pahala untuk bekal di kehidupan akhirat kelak, sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam :

من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

 

Perubahan Rencana Pembelian SVE

Pada kesempatan ini kami akan melaporkan tentang update dari Program Donasi SVE tersebut. Namun sebelumnya, penting untuk kami beritahukan bahwa pemanfaatan dana ini pada akhirnya tidak sesuai rencana awal, akan tetapi hal tersebut diputuskan berdasarkan kebijakan agar dana yang tersedia bisa dimaksimalkan sebaik mungkin untuk menghasilkan konten-konten dakwah yang bermanfaat. Insya Allah.

Beberapa perubahan yang dimaksud adalah :

  • Pembelian laptop yang diganti menjadi 1 unit PC dengan spesifikasi yang lebih tinggi namun dengan harga yang jauh lebih murah. Hal ini dimaksudkan agar dana yang tersisa bisa dimanfaatkan untuk pembelian sarana lainnya,

  • Daftar pembelian lainnya yang dibatalkan adalah pembelian software Adobe Premiere CS6, karena ternyata ada software gratis bernama HitFilm Express yang cukup untuk digunakan dalam proses editing berbagai video kajian. Alhamdulillah dari pilihan ini kami bisa menghemat dana hingga 4 juta rupiah yang insya Allah bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban, penting bagi kami untuk menginformasikan tentang pemanfaatan dana tersebut, disertai dengan laporan pencapaian yang diraih melalui sarana yang telah tersedia.

 

Pemanfaatan Dana Donasi SVE

Berikut adalah laporan pembelian sarana berupa perangkat keras, serta perlengkapan pendukung lainnya yang digunakan untuk proses editing video :

>> 1 Unit Komputer (New)

1 unit pc

Spesifikasi :

  • Intel i7 3770 (3,8 Ghz 4 Core 8 Threed)
  • Fan Cooler / Master Deep Cool
  • Motherboard Intel H61 Socket 1155
  • RAM 16 GB (2 x 8 GB)
  • VGA RX 550 4 GB DDR5
  • HDD 1 TB  Seagate
  • SSD 120 GB
  • PSU 400 Watt 80+
  • Case Armageddon Infenion 1000/Kagami  + 3 Fan

Harga pembelian : Rp. 5.700.000,- (lima juta tujuh ratus ribu rupiah)

 

>> 1 Unit Monitor LG 20 Inchi HDMI (Second)

Harga Pembelian : Rp. 650.000,- (enam ratus lima puluh ribu rupiah)

 

>> 1 Unit Monitor Philips 24 Inchi HDMI (New)

monitor philips

Harga Pembelian : Rp. 1.400.000,- (satu juta empat ratus ribu rupiah)

 

>> 1 Unit HP Samsung untuk Server WA (Second)

Harga Pembelian : Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah)

 

>> 1 Pcs Dongle Wifi TP-Link (New)

dongle wifi

Harga Pembelian : Rp. 69.605,- (enam puluh sembilan ribu enam ratus lima rupiah)

 

>> 1 Pcs Headphone Stereo (New)

Harga Pembelian : Rp. 44.000,- (empat puluh empat ribu rupiah)

 

>> 2 Pcs OTG Type C (New)

Harga Pembelian : Rp. 29.000,- (dua puluh sembilan ribu rupiah)

 

>> Pengeluaran Lainnya

Yang termasuk dalam pengeluaran ini antara lain ongkos kirim untuk pembelian berbagai sarana di atas, biaya jasa, serta pengeluaran tak terduga lainnya.

Total pengeluaran : Rp. 248.992,- (dua ratus empat puluh delapan ribu sembilan ratus sembilan puluh dua rupiah)

***

Total anggaran Donasi Sarana Video Editing yang sudah dibelanjakan adalah Rp. 8.741.597,- (delapan juta tujuh ratus empat puluh satu ribu lima ratus sembilan puluh tujuh rupiah)

Sisa saldo Donasi Sarana Video Editing yang tersedia adalah Rp. 3.514.403,- (tiga juta lima ratus empat belas ribu empat ratus tiga rupiah)

***

 

Kondisi Dana Operasional

Dalam rencana awalnya, sisa saldo SVE yang tersedia sebesar Rp. 3.514.403,- akan dianggarkan untuk membeli 1 unit Handycam untuk dimanfaatkan dalam peliputan acara kajian.

Namun qadarullah beberapa bulan ini Kajian Sunnah Bandung tidak melaksanakan kajian offline karena mengikuti anjuran pemerintah dalam membatasi penyebaran wabah korona, sehingga keperluan handycam dirasa belum perlu.

Dan selama masa pandemi tersebut, Kajian Sunnah Bandung pun tidak mendapatkan dana operasional yang cukup, sementara biaya-biaya tetap ada. Dan tentu untuk menutupinya, terpaksa kami gunakan dana yang ada, yang akhirnya membuat sisa saldo Dana SVE terpakai.

Adapun nomimal yang terpakai untuk menutupi kebutuhan operasional tersebut sampai akhir bulan Agustus 2020 adalah sebesar Rp. 1.129.975,- (satu juta seratus dua puluh sembilan ribu sembilan ratus tujuh puluh lima rupiah), sehingga sisa saldo SVE yang tersedia saat ini adalah Rp. 2.384.428,- (dua juta tiga ratus delapan puluh empat ribu empat ratus dua puluh delapan rupiah).

 

Keputusan Akhir Donasi SVE

Setelah didiskusikan dan dipertimbangkan dengan matang, akhirnya Kajian Sunnah Bandung memutuskan untuk MENUTUP PROGRAM Donasi Sarana Video Editing. Insya Allah sarana yang ada saat ini sudah cukup bagi kami untuk menghasilkan konten-konten video.

Adapun sisa dana yang tersedia, yakni Rp. 2.348.428,- (dua juta tiga ratus delapan puluh empat ribu empat ratus dua puluh delapan rupiah) akan dialokasikan ke saldo operasional sehingga kegiatan-kegiatan Kajian Sunnah Bandung bisa tetap berjalan , dan berbagai kebutuhan biaya bulanan seperti listrik, kuota, internet, dan lain-lainnya bisa terpenuhi.

Insya Allah bagi Anda yang telah ikut berpartisipasi dalam program Donasi SVE akan tetap mendapatkan curahan pahala dari harta yang dikeluarkan, karena amal dan keikhlasan tersebut sudah dicatat oleh malaikat, dan Allah-lah sebaik-baik Pemberi Balasan.

***

Demikianlah informasi tentang update laporan Donasi Sarana Video Editing yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini.

Bagi Antum yang ingin mendapatkan bagian kebaikan dari dakwah ini, insya Allah masih terbuka kesempatan dengan menjadi donatur Kajian Sunnah Bandung melalui program Donasi Kajian Rutin dan program Donasi lainnya.

Semoga amal tersebut bisa menjadi salah satu sebab kita mendapatkan rahmat dan pertolongan Allah Ta’ala di akhirat kelak, sehingga kita semua bisa dikumpulkan di surga-Nya. Aamiin ya Rabbal ‘alamiin…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *