Kata-Kata yang Tidak Boleh Diucapkan Kepada Allah Untuk Mengagungkan Kemuliaan-Nya

Kata-Kata yang Tidak Boleh Diucapkan Kepada Allah Untuk Mengagungkan Kemuliaan-Nya

Bismillah…

Allah Yang Maha Agung wajib diagungkan. Ada beberapa kata yang tidak boleh kita ucapkan kepada Allah Ta’ala demi mengagungkan kemuliaannya, di antaranya :

 

#1 : Salam kepada Allah (السَّلَامُ عَلَى اللهِ)

Salam adalah doa keselamatan dari keburukan bagi siapa yang diucapkan kepadanya dan hal ini diminta dari Allah, bukan Allah didoakan demikian.

Allah itu Mahakaya, Mahaselamat dari segala cacat dan aib, Pemberi keselamatan dan sumbernya, Dia adalah as-Salam dan keselamatan adalah dari-Nya.

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata :

“Dulu pernah, bila kami bersama Nabi ﷺ dalam shalat, kami mengucapkan, ‘Salam kepada Allah dari hamba-hamba-Nya, salam kepada fulan dan fulan.‘ Maka Nabi ﷺ bersabda:

لَا تَقُوْلُوْا : السَّلامٌ عَلَى اللهِ، فَإِنَّ اللهَ هُوَ السَّلَامُ

Jangan mengucapkan salam kepada Allah, karena sesungguhnya Allah adalah as-Salam (yang memberikan keselamatan)” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Ibnul Qayyim menyebutkan bahwa As-Salam adalah salah satu nama Allah yang keselamatan diminta dari-Nya. Maka kata as-Salam mengandung dua makna :

  1. Dzikrullah (menyebut nama Allah, dan

  2. Memohon keselamatan

Dan inilah maksud orang yang mengucapkannya.

 

#2 : Ya Allah, Ampunilah aku bila Engkau berkehendak

Memohon sesuatu kepada Allah tidak digantungkan kepada kehendak-Nya, akan tetapi diucapkan dengan kalimat pasti.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda :

لَا يَقُلْ أَحَدُكُمْ : اللهُمَّ اغْفِرْ لِي إِنْ شِئْتَ، اللهُمَّ ارْحَمْنِيْ إِنْ شِئْتَ، لِيَعْزِمَ المَسْأَلَةَ فَإِنَّ اللهَ لَا مُكْرِهَ لَهُ

Janganlah seseorang dari kalian berkata, ‘Ya Allah, ampunilah aku bila Engkau berkehendak, rahmatilah aku bila Engkau berkehendak.’ Hendaknya ia memastikan permohonan, karena sesungguhnya tida ada yang memaksa Allah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Larangan ini karena dua pertimbangan :

  1. Pertama, tidak ada yang memaksa Allah untuk berbuat, karena Allah melakukan apa yang Dia kehendaki,

  2. Kedua, menggantungkan permohonan kepada kehendak Allah menunjukkan kemalasan dan sedikitnya semangat dalam berdoa bila terwujud, atau bila tidak, maka dia tidak membutuhkannya.

•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•
📖 Disarikan oleh ustadz Rian Abu Rabbany dari kitab Panduan Lengkap Membenahi Akidah Karya Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullaah
•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•

***

Demikianlah artikel yang membahas tentang kata-kata yang tidak boleh diucapkan kepada Allah untuk mengagungkan kemuliaan-Nya, sebagaimana yang diterangkan oleh dalil-dalil yang shahih.

Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran, serta memberikan taufik kepada kita untuk mengetahui ilmu tentang syari’at agama Islam untuk kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa menghadirkan keberkahan dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, aamiin ya Rabbal ‘alamin…

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

 

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *