Kenapa Shalat Tidak Khusyu’ dan Bagaimana Solusinya?

Kenapa Shalat Tidak Khusyu’ dan Bagaimana Solusinya?

Pertanyaan :

Bagaimana caranya agar saya mampu menolak was-was ketika shalat, sehingga saya dapat melaksanakan shalat dengan khusyu’?

 

Jawaban :

Bismillah…

Agar engkau bisa khusyu’, engkau harus bekerja keras menggapainya. Dan kaidahnya, “Semakin tinggi nilai sesuatu, semakin sulit untuk menggapainya.” Tapi walaupun susah, tetap mungkin untuk diraih, namun dengan kerja keras.

Di antara upaya yang bisa engkau lakukan agar bisa khusyu’ ketika shalat, adalah sebagai berikut :

 

#1 :  Miliki amalan shalat sunnah di rumah

Hal pertama yang dapat membantu ke-khusyu’-an adalah engkau memiliki amalan shalat sunnah di rumahmu, yang tidak diketahui oleh seorang pun selainmu.

Engkau shalat di rumahmu tanpa diketahui seorangpun selainmu, walaupun hanya di akhir malam. Ini dapat membantumu untuk bisa khusyu’ dalam shalat, hingga akhirnya ke-khusyu’an akan menjadi kebiasaanmu.

 

#2 : Lakukan shalat sunnah sebelum shalat wajib

Kedua, sebagaimana dikatakan oleh para ulama, melakukan shalat sunnah sebelum shalat wajib. Jangan langsung masuk melakukan shalat wajib, tapi lakukan shalat sunnah, baik di rumah maupun di masjid, sebelum melakukan shalat wajib. Kata para ulama, hal ini bisa membuat hati kita hadir ketika shalat.

 

#3 : Rasakan apa yang engkau baca ketika shalat

Yang ketiga, engkau merasakan apa yang engkau baca ketika shalat. Ketika engkau membaca “Allahu Akbar”, rasakan maknanya.

Ketika engkau ruku’ dan membungkuk karena ketaatan kepada Allah, lalu engkau mengucapkan “Subhaana Rabbiyal ‘Adzhim”, rasakan makna “Adzhim” (agung) tersebut! Dan katakanlah, bagaimana aku akan memalingkan hatiku dari Dzat yang Maha Agung?

Dan lakukan hal seperti ini di seluruh bacaan shalat.

 

#4 : Hadirkan perasaan engkau sedang menghadap Allah

Yang keempat, ingatlah saat engkau nanti berdiri di hadapan Allah! Engkau sekarang berdiri di hadapan Allah, dan suatu saat nanti engkau juga akan berdiri di hadapan Allah tanpa ada penerjemah antara engkau dan Dia. Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengajakmu berbicara. Hadirkan hal ini, karena hal ini dapat membantumu untuk khusyu’.

 

#5 : Berusahalah dengan keras

Yang kelima, berusahalah dengan keras! Iblis tidak akan membiarkanmu shalat dengan khusyu’. Selama engkau masih hidup, iblis tidak akan membiarkanmu. Dan sebagaimana kata Ibnul Qayyim rahimahullah :

“Iblis akan menerka (kesukaan) hati seorang hamba, lalu ia akan menggodanya sekuat tenaga.”

Orang-orang yang berdiri dalam satu shaf, kebanyakan mereka tidak menghadirkan hatinya, akan tetapi gangguannya tidak satu jenis.

Bagi yang suka dengan ilmu, maka iblis akan datang dengan permasalahan ilmu. Ketika seseorang mengatakan “Allahu Akbar”, iblis datang dengan beberapa persoalan. Persoalan ini ada beberapa permasalahan, yang ini solusinya adalah seperti itu, dan yang itu solusinya seperti ini. Namun setelah salam, semua permasalahan tersebut lenyap tanpa sisa.

Dan bagi yang suka dengan sepak bola, iblis akan datang dengan urusan sepak bola. Yang suka dengan masak, iblis akan datang dengan urusan masak-memasak. Dan masing-masing orang dengan hal-hal yang menarik untuknya, sehingga iblis dapat memalingkan hatinya dari shalat.

Setiap kali iblis datang mencoba mengambil hati kita, berusahalah dengan keras untuk mengembalikan hati kita! Begitu seterusnya. Dan kita perlu meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.

Dan ketahuilah, engkau tidak akan bisa shalat dengan khusyu’ sampai engkau benar-benar berusaha keras dan menahan kesabaran yang lama, hingga akhirnya engkau bisa shalat dengan khusyu’, yang mana itu adalah nikmat terbesar yang ada di dunia. Sebuah kenikmatan yang tidak ada tandingannya. Sebagian ulama mengibaratkannya dengan mengatakan,

“Sesungguhnya kami berada pada sebuah nikmat, yang seandainya para raja mengetahuinya, pasti mereka akan memerangi kita untuk merebutnya.”

 

Disarikan dari video kajian singkat “Sebab Shalat Tidak Khusyuk Dan Lima Solusinya” – Syaikh Sulaiman Ar-Ruhaily rahimahullah

***

Semoga jawaban pertanyaan tentang kenapa shalat tidak khusyu’ dan bagaimana solusinya ini bermanfaat dan memberikan faidah kepada kita semua. Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

 

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *