3 Perkara yang Membuat Tertawa dan 3 Perkara yang Membuat Menangis

3 Perkara yang Membuat Tertawa dan 3 Perkara yang Membuat Menangis

Bismillah…

Berkata Shahabat Salman Al-Farisi radhiyallahu ‘anhu :

أَضْحَكَنِي ثَلَاثٌ، وَأَبْكَانِي ثَلَاثٌ :

ضَحِكْتُ مِنْ مُؤَمَّلِ الدُّنْيَا وَالْمَوْتُ يَطْلُبُهُ، وَغَافِلٍ لَا يُغْفَلُ عَنْهُ، وَضَاحِكٍ مِلْءَ فِيهِ لَا يَدْرِي أَمُسْخِطٌ رَبَّهُ أَمْ مُرْضِيه ِ.

وَأَبْكَانِي ثَلَاث ٌ:
فِرَاقُ الْأَحِبَّةِ مُحَمَّدٍ وَحِزْبِهِ، وَهَوْلُ الْمَطْلَعِ عِنْدَ غَمَرَاتِ الْمَوْتِ، وَالْوُقُوفُ بَيْنَ يَدَيْ رَبِّ الْعَالَمِينَ حِينَ لَا أَدْرِي إِلَى النَّارِ انْصِرَافِي أَمْ إِلَى الْجَنَّةِ .

Telah membuatku tertawa 3 perkara dan membuatku menangis 3 perkara.

Telah membuatku tertawa :

  1. Orang yang berangan-angan tentang dunia, sementara kematian sentiasa mengintainya,

  2. Seorang yang lalai, namun ia tidak merasa lalai,

  3. Seorang yang banyak tertawa, sementara ia tidak mengetahui, apakah perbuatannya tersebut mendatangkan murka Rabb-nya, atau mendatangkan ridho-Nya.

Adapun yang membuatku menangis ada 3 perkara :

  1. Berpisah dengan orang yang aku cintai, Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya,

  2. Kedahsyatan tatkala sakaratul maut,

  3. Ketika berdiri di hadapan Rabb semesta alam, tatkala akupun tidak mengetahui apakah aku akan ke dalam an-naar atau ke dalam al-jannah.

 

📚 Disarikan oleh Ustadz Rian Abu Rabbany dari kitab Hilyatul Auliya (1/207).

***

Demikianlah artikel tentang 3 perkara yang membuat tertawa dan 3 perkara yang membuat menangis. Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran, serta memberikan taufik kepada kita untuk mengetahui ilmu tentang syari’at agama Islam untuk kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa menghadirkan keberkahan dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, aamiin ya Rabbal ‘alamin…

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *