Hukum Membuat Animasi Kartun Makhluk Hidup

Hukum Membuat Animasi Kartun Makhluk Hidup

Pertanyaan #72
Ibu Fulanah (Cibolerang – Kopo)

Mau tanya hukum membuat animasi kartun di komputer. Kebetulan anak-anak saya homeschooling, dan mereka sedang fokus belajar animasi. Anak-anak pengen membuat animasi untuk dakwah katanya. Kalau misalnya membuat kartun makhluk hidup tapi tanpa mata/wajah diperbolehkan?

Jawaban :

Bismillah,
Ikhwah a’azzaniyallah wa iyyaakum ajma’iin

Hukum asal menggambar makhluk hidup adalah dilarang. Meskipun demikian, ada beberapa kondisi terkait gambar makhluk hidup tersebut sebagaimana dijelaskan Syaikh Muhammad Shalih al-Munajjid hafizhahullah.

  • Pertama, boleh menggambar manusia dari belakang yang tidak menampakkan wajah. Sehingga yang tampak hanya semacam bayangan atau siluetnya saja.

  • Kedua, bila menggambar dari samping, hingga nampak satu mata, satu sisi hidung, sebagian wajah, dan satu telinga, maka tidak dibolehkan.

Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni menjelaskan bahwa jika sejak awal memang hanya menggambar badan tanpa kepala, atau kepala tanpa badan, atau menggambar kepala dan seluruh badan namun tidak merepresentasikan makhluk yang bernyawa, maka ini tidak termasuk jenis gambar yang terlarang. Sebab tidak berwujud gambar makhluk yang bernyawa.

Wallaahu ta’ala a’lam

Referensi:
https://www.dakwah.id/hukum-menggambar-manusia/

Dinukil oleh Ustadz Rian Abu Rabbany

***

Semoga informasi singkat tentang jawaban dari pertanyaan tentang hukum membuat animasi kartun makhluk hidup ini bermanfaat dan memberikan faidah kepada kita semua. Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *