Kenapa Kita Harus Belajar Agama?

Kenapa Kita Harus Belajar Agama?

Bismillah...

Ada dua orang duduk menikmati makanan. Orang pertama, segera menyantap makanan dengan tangan kanannya, dan membaca ‘bismillah’ ketika memulai, lalu memuji Allah setelah selesai menyantap makanan.

Kenapa orang pertama ini melakukan adab seperti itu? Karena ia tahu ilmu syari’at.

Adapun orang kedua, ia duduk makan, tanpa ‘bismillah’, menyantap dengan tangan kiri, dan tidak memuji Allah setelah selesai menyantap makanan.

Kenapa bisa seperti ini? Karena orang kedua ini, tidak tahu (bodoh) terhadap syari’at.

Sehingga, kita sangat perlu untuk belajar syari’at, agar kebodohan hilang dari dirimu.

Disebutkan bahwa Ibnu Hazm (seorang ulama terkenal) rahimahullah, beliau menuntut ilmu lagi dikarenakan pada suatu ketika ia masuk masjid bukan pada waktu haram shalat. Maka ia langsung duduk, tidak melakukan shalat tahiyatul masjid.

Maka orang yang berada di masjid berkata, “Berdiri, dan lakukan shalat 2 rakaat!” Maka Ibnu Hazm berdiri dan shalat 2 rakaat.

Di lain waktu, ia masuk masjid setelah waktu Ashar, maka ia shalat 2 rakaat, tapi orang-orang melarangnya, seraya mereka mengatakan, “Kamu jangan shalat 2 rakaat! Ini waktu terlarang shalat!

Maka Ibnu Hazm bergumam, “Subhanallah, kalau aku duduk kalian perintahkan untuk shalat. Tetapi ketika aku shalat, kalian melarangku.

Maka aku sangat butuh terhadap ilmu (syari’at ini). Dan dari sinilah ia mulai menuntut ilmu. Dan kedudukan beliau dalam ilmu sudah banyak diketahui oleh sebagian besar kaum Muslimin.

 

Disarikan dari video kajian singkat “Alasan Kenapa Engkau Harus Belajar Agama”, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah

***

Semoga jawaban pertanyaan tentang kenapa kita harus belajar agama ini bermanfaat dan memberikan faidah kepada kita semua. Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *