Kenapa Allah Menciptakan Kita?

Kenapa Allah Menciptakan Kita?

Bismillah…

Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah memberikan nikmat dan karunia-Nya sehingga bisa menyelenggarakan kajian rutin setiap Senin sore di Masjid Al-Amin, Jl. Situsari Wetan No. 19 Cijagra Buah Batu Bandung.

Kajian rutin ini membahas kitab berjudul “Khudz Aqidataka minal Kitabi wa Sunnati”, yang berarti “Ambillah Aqidahmu dari Al-Qur’an dan Sunnah” karya Syaikh Jamil Zainu, yang berisi 30 pertanyaan penting seputar aqidah beserta jawabannya yang diambil dari Al-Qur’an dan Sunnah. Semoga dengan penjabaran yang dibahas dalam kitab ini, bisa memberikan tambahan ilmu bagi umat Islam pada umumnya, tentang bagaimanakah aqidah yang benar dalam beragama sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah.

Pembahasan pertama dari kitab ini adalah tentang Hak Allah terhadap Hamba-Nya, yang berisi 5 buah pertanyaan beserta jawabannya. Namun dalam artikel ini hanya akan diangkat 1 pertanyaan saja, dan insya Allah untuk pertanyaan-pertanyaan lainnya akan dibahas pada artikel selanjutnya.

 

Pertanyan #1
Kenapa Allah Menciptakan Kita?

Jawaban :

Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan kita agar beribadah kepada-Nya, dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun.

Adapun dalil tentang hal ini adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam surat Adz-Dzariyaat ayat 56 :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyaat : 56)

 

Dan dalil lainnya tentang hak Allah terhadap hamba-Nya datang dari hadits yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, yang dikeluarkan oleh Iman Bukhari dan Imam Muslim rahimahumallahu ta’ala dalam kedua kitab shahihnya dari sahabat Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu dia berkata:

قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ( يا معاذ, أ تدرى ما حق الله على عباد ؟ ) قال : الله و رسوله أعلم, قال : ( أن يعبدوه ولا يشركو به شيأ, , أ تدرى ما حقهم عليه ؟) قال : الله و رسوله أعلم, قال : (أن لا يعذبهم) و فى لفظ لمسلم : ( و حق العباد على الله عز و خل أن لا يعذب من لا يشرك به شيأ )

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda : “Wahai Mu’adz, tahukah engkau apa hak Allah atas para hamba-Nya?” Mu’adz berkata : ‘Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui’, Beliau bersabda : (yaitu) “hendaknya mereka beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, (dan) tahukah engkau hak hamba terhadap Allah?” Mu’adz berkata : ‘Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui’, Beliau bersabda : “Dia tidak akan mengadzab mereka”. [Fathul bari 13/7373 cet Darul fikr hlm 347]

Dan dalam lafadz Imam Muslim : “bahwasanya Allah tidak akan mengadzab orang yang tidak menyekutukan-Nya.” [Al Minhaj kitabul iman I/177 cet Darul ma’rifat Beirut].

Pemaparan tentang pembahasan ini, disertai pengenalan tentang profil ustadz bisa dilihat dalam video berikut :

***

Demikianlah penjelasan tentang Hak Allah terhadap hamba-Nya yang dijelaskan berupa pertanyaan dan jawaban tentang kenapa Allah menciptakan kita? sebagaimana yang dijelaskan dalam kitab ini. Semoga dari pemaparan singkat ini, kita menjadi semakin tahu bahwasanya kita diciptakan ke dunia ini tujuannya hanya satu, yakni untuk “beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun.”

Kita wajib ingat akan hal ini, sehingga setiap hal yang kita lakukan dalam kehidupan ini tidak akan melenceng dari tujuan penciptaan kita, agar bisa selamat baik di dunia terlebih di akhirat. Aamiin…

Insya Allah pada pembahasan selanjutnya akan kita bahas beberapa pertanyaan lainnya tentang Hak Allah terhadap Hamba-Nya.

 

•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•
📚 (Disarikan dari kajian Aqidah rutin bersama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yasfik Sudirman, S.Ag, di masjid Al-Amin Buah Batu Bandung.)
•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•

***

Demikianlah artikel yang membahas tentang pertanyaan pertama dari bahasan Hak Allah terhadap Hamba-Nya. Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran, serta memberikan taufik kepada kita untuk mengetahui ilmu tentang syari’at agama Islam untuk kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa menghadirkan keberkahan dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, aamiin ya Rabbal ‘alamin…

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di .

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *