3 Sebab Kenapa Harus Menyempurnakan Keikhlasan Ketika Berhijrah

Dalam proses berhijrah, satu hal yang harus disempurnakan dalam menempuh prosesnya, adalah MENYEMPURNAKAN KEIKHLASAN.

Berikut akan dijelaskan tentang 3 sebab kenapa harus menyempurnakan keikhlasan ketika berhijrah, yakni :

  • Ikhlas adalah Syarat Diterimanya Ibadah

Salah satu syarat agar ibadah kita diterima adalah dengan ikhlash dan memurnikan ketaatan kita hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Berhijrah, merupakan salah satu bentuk ibadah yang memerlukan keikhlasan dalam prosesnya, agar setiap kesulitan, berbagai upaya dan ikhtiar dalam menempuhnya, menjadi suatu ibadah yang diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sedikit saja ada unsur yang merusak keikhlasan, seperti Riya’ atau melakukan ibadah kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka semua amalan ibadah tersebut lenyap. Sebagaimana yang Allah firmankan dalam qur’an surat Al-An’am ayat 88 :

ذَٰلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ ۚ وَلَوْ أَشْرَكُوا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Itulah petunjuk Allah, yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya. Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.”

 

  • Ikhlas adalah Kunci Utama untuk Mendapatkan Pertolongan Allah

Proses hijrah sejatinya tidak akan mudah dan pasti ada kesulitan dan cobaan yang dihadapi. Jika kita tidak mendapatkan pertolongan Allah, niscaya kita termasuk orang yang merugi.

Itulah sebabnya dalam proses hijrah kita harus menyempurnakan keikhlasan, dengan tujuan agar mendapatkan pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam al-Qur’an :

قَالَ فَبِعِزَّتِكَ لَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ

“Iblis menjawab: “Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya,

إِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ

kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka.”

Pertolongan Allah yang paling utama adalah tetap menetapkan kita dalam petunjuk dan bimbingan-Nya, sehingga apabila kita termasuk mukhlisin (orang-orang yang ikhlas) kita tidak mudah disesatkan oleh Iblis dan balatentaranya, insyaa Allah.

 

  • Karena Orang yang Berhijrah akan Menghadapi Ujian

Sebab ketiga yang mengharuskan kita untuk menyempurnakan keikhlasan ketika berhijrah adalah karena kita akan menghadapi berbagai ujian dalam proses hijrah yang kita jalani.

Sebagaimana yang Allah Subhanahu wa Ta’ala terangkan dalam qur’an surat Al-Ankabut ayat 2 :

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?

Ujian Allah adalah salah satu barometer untuk menguji kadar keimanan kita kepadanya. Hanya orang yang ikhlas saja yang mampu untuk menghadapi dan menyikapi berbagai ujian tersebut dengan cara yang Allah ridhoi, insyaa Allah.

 

***

 

Itulah penjelasan tentang 3 sebab yang mengharuskan kita untuk menyempurnakan keikhlasan ketika berhijrah.

Semoga Allah mengkaruniakan hidayahnya kepada kita semua, dan menggolongkan kita ke dalam golongan orang-orang yang IKHLAS, aamiin.

Semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Allahu yahdik, barokallahu fiikum.

 

 

(Diterangkan oleh Ustadz Sofyan Cholid bin Idham Ruray, Lc. dalam kajian 10 Kunci Sukses Berhijrah tanggal 30 Desember 2018 di Mesjid Trans Studio Mall)

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *