3 Faktor Internal Penyebab Lemahnya Iman

3 Faktor Internal Penyebab Lemahnya Iman

Bismillah…

Di antara faktor internal yang dapat menyebabkan lemahnya iman adalah :

 

#1 : Kebodohan

Kebodohan ini kebalikan dari ilmu. Sebagaimana ilmu itu menguatkan dan menambah keimanan, kurangnya ilmu pun dapat menyebabkan lemahnya iman. Oleh karenanya, para nabi alaihimussalaam menjelaskan pada kaumnya bahwa di antara sebab terjerumusnya mereka dalam kesyirikan dan kemaksiatan adalah kebodohan.

Allah Ta’ala berfirman:

قَالُوا يَا مُوسَى اجْعَلْ لَنَا إِلَٰهًا كَمَا لَهُمْ آلِهَةٌ ۚ قَالَ إِنَّكُمْ قَوْمٌ تَجْهَلُونَ

Bani lsrail berkata: “Hai Musa. buatlah untuk kami sebuah tuhan (berhala) sebagaimana mereka mempunyai beberapa tuhan (berhala)“. Musa menjawab: “Sesungguh-nya kamu ini adalah kaum yang tidak mengetahui (sifat-sifat Tuhan)“. (QS. Al-A’raf: 138)

Kebodohan adalah inti segala penyakit dan musibah. Setiap orang yang bermaksiat pada Allah Ta’ala maka pada hakikatnya ia tidak tahu tentang akibat dari maksiat tersebut berupa bahaya yang akan menimpanya di dunia dan akhirat.

 

#3 : Kelalaian

Jika seseorang lalai dari tujuan penciptaannya, maka lemahlah imannya. Allah Ta’ala mencela sikap lalai, memperingatkan dengan keras dari jalan orang-orang yang lalai, serta menjelaskan bahwa itu merupakan sifat orang-orang kafir.

Allah Ta’ala berfirman :

وَإِنَّ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ عَنْ آيَاتِنَا لَغَافِلُونَ

“Dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami.” (QS. Yunus: 92)

Dalam ayat lain, Allah Ta’ala berfirman :

يَعْلَمُونَ ظَاهِرًا مِنَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ عَنِ الْآخِرَةِ هُمْ غَافِلُونَ

“Mereka hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia; sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai.” (QS. ar-Rum: 7)

Lalai adalah kelengahan yang menimpa manusia, ia merupakan penyakit bahaya yang menjauhkan manusia dari mengingat dan menuruti perintah Allah, serta dari ketenangan dalam ketaatan.

 

#3 : Berpaling

Allah Ta’ala berfirman :

وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ ذُكِّرَ بِآيَاتِ رَبِّهِ ثُمَّ أَعْرَضَ عَنْهَا ۚ إِنَّا مِنَ الْمُجْرِمِينَ مُنْتَقِمُونَ

“Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya, kemudian ia berpaling daripadanya? Sesungguhnya Kami akan memberikan pembalasan kepada orang-orang yang berdosa.” (QS. As-Sajdah: 22)

Berpaling dari perintah Allah Ta’ala merupakan sifat orang-orang berdosa, yang akan diberikan balasan oleh-Nya. Kewajiban setiap muslim adalah menerima, menaati, dan mengikuti semua yang ia dengar dari kalamullah atau hadits Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Diriwayatkan dari Abu Waqid al-Laitsi radhiyallahu ‘anhu, ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam duduk di masjid sedangkan orang-orang tengah bersama beliau, tiba-tiba tiga orang datang, dua orang menghadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sementara yang satunya pergi.

Saat keduanya berdiri di hadapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, keduanya mengucap salam. Salah satunya melihat celah di halaqah lalu duduk di celah itu, yang satunya duduk di belakang mereka sementara yang lain pergi berpaling.

Setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam usai, beliau bersabda:

“Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang tiga orang itu? Salah satunya berlindung kepada Allah lalu Allah memberinya perlindungan, yang lain merasa malu lalu Allah malu padanya, sedang yang lain berpaling, maka Allah berpaling darinya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

 

•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•
📖 Disarikan oleh Ustadz Rian Abu Rabbany dari kitab Tajdid al-Iman Karya Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-Badr hafizhahullaah.
•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•

***

Demikianlah artikel tentang 3 faktor internal penyebab lemahnya iman, yakni kebodohan, kelalaian dan berpaling, sebagaimana yang diterangkan dalam dalil-dalil yang shahih.

Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran, serta memberikan taufik kepada kita untuk mengetahui ilmu tentang syari’at agama Islam untuk kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa menghadirkan keberkahan dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, aamiin ya Rabbal ‘alamin…

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *