3 Wasiat yang Berharga

3 Wasiat yang Berharga

3 wasiat yang berharga – Apa sajakah itu? Semua dijelaskan melalui hadits yang disampaikan dalam artikel ini, disertai dengan kandungannya.

Bismillah..

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata :

Ada seorang lelaki mendatangi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sambil berkata,

Ya Rasulullah! sampaikan hadits padaku dan ringkaskan.

Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

صَلِّ صلاةَ مُوَدِّعٍ؛ كأنَّكَ تَراهُ، فإنْ كنتَ لا تَراهُ فإنَّهُ يَراكَ، وايأَسْ ممَّا في أيدي النَّاسِ تَعِشْ غَنيًّا، وإيَّاكَ وما يُعتَذرُ مِنه

Shalatlah dengan shalatnya orang yang berpamitan (yang setelahnya tidak akan shalat lagi), maka sesungguhnya Engkau, jika Engkau tidak bisa melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu. Dan berputus asalah dari apa-apa yang ada di tangan-tangan manusia, Engkau akan menjadi kaya; dan berhati-hatilah dari apa-apa yang nanti akan dimintai alasannya.” (HR. Ath-Thabrani)

 

Kandungan Hadits

1️⃣ Menganggap sebagai ibadah terakhir membuat seorang hamba semakin khusyu’ saat melakukannya.

2️⃣ Menghadirkan sikap ihsan menambah keimanan.

3️⃣ Para da’i hendaknya memperhatikan urusan ibadah secara umum dan terutama shalat. Ini adalah manfaat bagi orang lain yang berdampak pada bertambahnya iman dan semangat.

4️⃣ Merasa cukup dari bantuan manusia adalah salah satu sebab kuatnya tawakal dan baik sangka pada Allah Ta’ala.

5️⃣ Orang yang paling utama merasa cukup dari bantuan manusia adalah para pendakwah. Dengan taufiq Allah, itu bisa menjadi salah satu sebab diterimanya dakwah.

6️⃣ Para da’i hendaknya semangat untuk menjaga kehormatan diri dan menjauhi segala sesuatu yang dapat menyeret mereka dalam kehinaan.

7️⃣ Para da’i hendaknya mengetahui maqashid syariat, terutama perihal mashlahat (kebaikan) dan mafsadat (kerusakan). Hal tersebut mengandung beberapa mashlahat yang besar :

🔖 Mencontoh dakwah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap manusia;

🔖 Menimbulkan rasa cinta manusia pada kebaikan;

🔖 Melembutkan hati manusia.

 

•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•
📖 Disarikan oleh ustadz Rian Abu Rabbany hafizhahullah dari Kitab Arba’un Haditsan fi at-Tarbiyyah wal Manhaj disusun oleh Syaikh Abdul Aziz bin Muhammad bin Abdullah as-Sadhan hafizhahullah
•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•

***

Demikianlah artikel tentang 3 wasiat yang berharga. Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran, serta memberikan taufik kepada kita untuk mengetahui ilmu tentang syari’at agama Islam, termasuk perkara-perkara berbahaya yang sebaiknya kita waspada terhadapnya.

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

 

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *