Adab-adab Mandi Sesuai Sunnah

Adab-adab Mandi Sesuai Sunnah

Bismillah…

Mandi adalah rutinitas yang dilakukan manusia setiap hari untuk menghilangkan hadas atau hanya untuk membersihkan dan menyegarkan badan. Agar mandi ini bernilai pahala, hendaknya kita meniatkan yang shalih sebelum mandi.

Saat mandi junub, kita berniat menyucikan diri dari hadas supaya dapat mengerjakan shalat. Apabila kita mandi untuk menyegarkan dan membersihkan badan, niatkanlah agar dapat membersihkan badan dan menimbulkan gairah dalam beribadah.

Berikut ini beberapa sunnah mandi yang perlu diperhatikan:

 

#1 : Berhematlah dalam menggunakan air

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan :

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَوَضَّأُ بِالْمُدِّ، وَيَغْتَسِلُ بِالصَّاعِ، إِلَى خَمْسَةِ أَمْدَادٍ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berwudhu dengan satu mud (air) dan mandi dengan satu sha’ sampai lima mud (air).” (HR. Bukhari no. 198 dan Muslim no. 325).

الغُسْلُ صَاعٌ، وَالْوُضُوْءُ مُدٌّ

Satu sha setara empat sampai lima mud, dan satu mud adalah sepenuh dua tapak tangan orang dewasa.

 

#2 : Mencuci kepala sebelum anggota badan

Yaitu mengalirkan air ke atas kepala tiga kali, mencucinya terlebih dahulu sebelum membersihkan anggota badan kita.

 

#3 : Menyiramkan air hingga ke akar rambut

Ketika mandi wajib, hendaklah kita membasahi rambut dengan menyela-nyelanya serta meratakan air ke akarnya. Bagi kaum wanita, tidak perlu mengurai rambutnya, tetapi cukup menyiramkan air ke atas kepala. Ia diharuskan melepas ikatan rambutnya saat mandi karena haid dan nifas.

 

#4 : Suami istri boleh mandi satu bejana

Aisyah radhiyallaahu ‘anha menyatakan :

“Aku pernah mandi bersama Nabi dari satu bejana.” (HR. Al-Bukhari no. 261 dan Muslim no. 729]

 

#5 : Tidak mandi di air yang tidak mengalir ketika junub

Rasulullah ﷺ bersabda :

لَا يَبُوْلَنَّ أَحَدُكُمْ فِي الْمَاءِ الدَّائِمِ وَلَا يَغْتَسِلُ فِيْهِ مِنَ الْجَنَابَةِ

Hendaklah salah seorang dari kalian tidak buang air kecil di air yang tergenang, dan hendaklah ia tidak mandi junub di dalamnya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, Al-Baihaqi dan Ibnu Hibban)

 

•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•
📖 Disarikan oleh Ustadz Rian Abu Rabbany dari kitab Panduan Amal Sehari Semalam Karya Abu Ihsan al-Atsari dan Ummu Ihsan hafizhahumallaah
•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•

***

Demikianlah artikel tentang adab-adab mandi sesuai Sunnah, dengan penjelasan yang merujuk pada dalil-dalil yang shahih. Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran, serta memberikan taufik kepada kita untuk mengetahui ilmu tentang syari’at agama Islam untuk kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa menghadirkan keberkahan dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, aamiin ya Rabbal ‘alamin…

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *