Apa Keutamaan Doa Sapu Jagad?

Apa Keutamaan Doa Sapu Jagad?

Bismillah…

Di antara do’a yang memiliki cakupan paling lengkap adalah do’a yang disebutkan dalam hadits Anas radhiyallahu anhu.

وَعَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:اللَّهُمَّ آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa doa yang paling sering dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah, “ALLAHUMMA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR. (Artinya: Ya Allah, karuniakan kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka).” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, 8:187-188; Muslim, no. 2690]

Doa di atas sama dengan doa dalam ayat :

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

RABBANAA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR.

Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, dan berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka.” (QS. Al-Baqarah: 201)

Sungguh ini adalah do’a yang paling mencakup semua kebaikan.

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً

Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia..”

Ini mencakup seluruh kebaikan dunia, berupa istri yang shalihah, kendaraan yang nyaman, rumah yang tentram dan selainnya.

وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“..dan berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka.”

Ini mencakup seluruh kebaikan akhirat, berupa hisab yang ringan, diberikannya catatan amal di tangan kanan, mampu melewati shirot dengan mudah, minum dari telaga Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, masuk surga, dan kebaikan akhirat lainnya.

Do’a ini termasuk do’a yang paling lengkap cakupannya, bahkan yang terlengkap, karena isinya mencakup seluruh kebaikan.

Dahulu Anas radhiyallahu anhu selalu membaca do’a ini. Bahkan apabila beliau memanjatkan do’a lain, beliau tetap membaca do’a ini juga. Seakan-akan setiap kali berdo’a, beliau radhiyallahu anhu tidak pernah meninggalkan do’a ini.

Hal ini menunjukkan betapa mulianya do’a ini, dan sepatutnya bagi setiap orang untuk berdo’a dengannya. Oleh karenanya, dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap kali mengakhiri putaran thawafnya, beliau membaca do’a ini. Beliau berdo’a di antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad.

Dari ‘Abdullah bin As Saaib, ia berkata :

“Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata di antara dua rukun: RABBANAA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR. (Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari adzab neraka).” (HR. Abu Daud no. 1892. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Wallahu a’lam.

 

Disarikan dari video kajian singkat berjudul “Rahasia Doa Sapu Jagad” – Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullahu ta’ala

***

Semoga jawaban pertanyaan tentang apa keutamaan doa sapu jagad ini bermanfaat dan memberikan faidah kepada kita semua. Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *