Keutamaan Akhlak yang Baik dalam Syariat Islam

Keutamaan Akhlak yang Baik dalam Syariat Islam

Bismillah…

Hampir di seluruh kegiatan yang dilakukan dalam keseharian orang mukmin, ada adab yang dianjurkan oleh Syari’at Islam. Bahkan untuk hal yang dianggap sepele seperti masuk WC pun, Islam mengajarkan adabnya sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Dalam Islam, adab, kemuliaan akhlak dan keluhuran budi memiliki kedudukan yang sangat tinggi. Hal ini telah diterangkan dalam banyak dalil shahih yang sebagiannya akan disampaikan dalam artikel ini.

 

Dalil 1 : Orang yang Paling Sempurna Imannya

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا

“Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.” (HR. Tirmidzi no. 1162. Dinilai shahih oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 284.)

 

Dalil 2 : Akhlak Baik Terkait dengan Pemahaman Agama

Dari Mu’awiyah radhiallahu’anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda :

مَن يُرِدِ اللهُ به خيرًا يُفَقِّهْه في الدينِ

“Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan padanya, niscaya Allah akan jadikan ia faham dalam agama.” (Muttafaqun ‘alaihi).

 

Dalil 3 : Amalan yang Paling Berat Timbangannya

Dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ شَىْءٍ يُوضَعُ فِى الْمِيزَانِ أَثْقَلُ مِنْ حُسْنِ الْخُلُقِ وَإِنَّ صَاحِبَ حُسْنِ الْخُلُقِ لَيَبْلُغُ بِهِ دَرَجَةَ صَاحِبِ الصَّوْمِ وَالصَّلاَةِ

“Tidak ada sesuatu amalan yang jika diletakkan dalam timbangan lebih berat dari akhlaq yang mulia. Sesungguhnya orang yang berakhlaq mulia bisa menggapai derajat orang yang rajin puasa dan rajin shalat.” (HR. Tirmidzi no. 2134. Syaikh Al-Abani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahih Al Jaami’ no. 5726.)

 

Dalil 4 : Manusia Terbaik di Memiliki Akhlak yang Agung

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

“Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung.” (QS. Al-Qolam : 4)

 

Dalil 5 : Tujuan Allah Mengutus Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلَاقِ

“Sesungguhnya aku (Rasulullah ﷺ) diutus untuk menyempurnakan akhlaq yang baik.” (HR. Ahmad 2/381)

 

Dalil 6 : Perintah dalam Bergaul dengan Manusia

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

“Pergaulilah manusia dengan akhlak mulia.” [HR. at-Tirmidzi no. 1987 dari Abu Dzar, dan beliau menilai hadits ini hasan shahih]

 

Dalil 7 : Mendapat Tempat Paling Dekat dengan Rasulullah di Hari Kiamat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ مِنْ أَحَبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ القِيَامَةِ أَحَاسِنَكُمْ أَخْلَاقًا

“Sesungguhnya yang paling aku cintai di antara kalian dan paling dekat tempat duduknya denganku pada hari kiamat adalah mereka yang paling bagus akhlaknya di antara kalian.” (HR. Tirmidzi no. 1941. Dinilai hasan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jaami’ no. 2201.)

 

Masih banyak lagi keterangan-keterangan lainnya yang menjelaskan tentang keutamaan luar biasa seorang manusia yang berakhlak mulia, tentunya dengan disertai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Semoga penjelasan singkat ini bisa memotivasi kita untuk senantiasa membenahi akhlak agar bisa lebih baik lagi, serta bisa mengundang rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan mengkaruniakan berbagai keutamaan yang diuraikan di atas, insya Allah…

 

(Disarikan dari materi kajian “Akhlak Mulia – Sebab Terbanyak Seseorang Masuk Surga” yang disampaikan oleh Ustadz Abu Faqih R. Kurniawan, ST. hari Senin 06 Januari 2020)

 

***

Demikianlah beberapa keutamaan akhlak yang baik dalam syariat Islam sebagaimana yang diterangkan dalam al-Qur’an dan hadits. Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran, serta memberikan taufik kepada kita untuk mengetahui ilmu tentang syari’at agama Islam untuk kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa menghadirkan keberkahan dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, aamiin ya Rabbal ‘alamin…

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum..

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *