Aplikasi Dzikir Pagi Petang Sesuai Sunnah

Aplikasi Dzikir Pagi Petang Sesuai Sunnah

Bismillah…

Ada pemberitahuan yang masuk ke bagian admin, bahwasanya banyak pengunjung website kajiansunnahbandung.wed.id yang mencari tentang sebuah aplikasi yang bisa menjadi panduan dalam melakukan amalan dzikir pagi dan petang, yang mudah diakses dimana saja, mudah dibawa kemana-mana, dan yang terpenting isinya sesuai dengan Sunnah sebagaimana tuntunan do’a dan dzikir dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdasarkan dalil yang shahih.

aplikasi dzikir pagi petang sesuai sunnah

Maka dalam artikel ini akan diinformasikan tentang salah satu rekomendasi aplikasi yang bisa dimanfaatkan dalam rangka mendukung ibadah berupa do’a dan dzikir di setiap pagi dan petang sesuai dengan contoh dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Aplikasi yang dimaksud bernama “Adzkar” yang bisa didownload di playstore untuk kemudian di install di smartphone dengan sistem operasi Android. Berikut adalah tampilan aplikasinya :

aplikasi dzikir pagi petang adzkar

Silahkan gunakan smartphone android untuk mendownload aplikasi Adzkar DISINI.

Untuk penggunaannya sangat user friendly dan insya Allah siapapun bisa menggunakannya. Di bawah juga disediakan penjelasan tentang fitur aplikasi ini.

Jika ada yang masih kurang jelas dan ada diantara Antum ada yang membutuhkan panduan lebih lanjut, silahkan tinggalkan komentar saja yah, biar nanti dipertimbangkan untuk dibuatkan panduannya, insya Allah.

 

Dalil tentang Syari’at Dzikir Pagi dan Petang

Sebelum menjelaskan lebih lanjut tentang aplikasi yang disebutkan di atas. Penting untuk diinformasikan terlebih dahulu bahwasanya dzikir pagi petang merupakan ibadah yang disyari’atkan. Banyak dalil yang menerangkan hal tersebut, diantaranya firman Allah subhanahu wa ta’ala :

فَسُبْحَانَ اللَّهِ حِينَ تُمْسُونَ وَحِينَ تُصْبِحُونَ

“Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di sore hari dan waktu kamu berada di waktu pagi hari.” (QS. Ar-Rum:17).

فَاصْبِرْ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالْإِبْكَارِ

Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu sore dan pagi.” (QS. Ghafir: 55).

Dan dzikir pagi petang serta dzikir lainnya seperti dzikir setelah shalat fardhu dan dzikir mutlak, hanya akan bernilai ibadah apabila dilakukan oleh orang yang beriman, kemudian mengikhlaskan niatnya hanya untuk mencari ridha Allah subhanahu wa ta’ala, serta dilakukan dengan tata cara yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Lalu bagaimana do’a dan dzikir pagi petang yang lafadz dan bacaannya sesuai dengan tuntunan tersebut? Maka aplikasi dzikir pagi petang sesuai Sunnah bernama Adzkar ini bisa dijadikan sarana dalam memandu kita, khususnya bagi yang belum hafal.

 

Fitur Aplikasi Dzikir Pagi Petang Adzkar

Baik, langsung saja kita bahas tentang fitur yang terdapat dalam aplikasi ini. Apa saja yang terdapat di dalamnya, bagaimana cara melakukan pengaturan sesuai keinginan, serta adakah dukungan lain yang memberikan kemudahan bagi pengguna? Semua akan dibahas disini…

 

#1 : Menu Utama

Dalam aplikasi Adzkar ini terdapat 3 menu utama, yaitu :

  • Dzikir Pagi
  • Dzikir Petang
  • Dzikir Sesudah Shalat Fardhu

Berikut tampilan menu utama aplikasi ini :

menu aplikasi dzikir pagi petang adzkar

 

#2 : Pengaturan Bahasa dan Reminder

Di aplikasi ini, user juga bisa melakukan pengaturan di menu “Setting” sesuai dengan keinginan dalam pemilihan bahasa terjemahan. Pilihannya ada 2 yaitu bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.

Selain itu, ada juga pengaturan reminder yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan notifikasi atau pengingat waktu dzikir sesuai keinginan, baik untuk dzikir pagi maupun untuk dzikir petang.

pengaturan bahasa dan reminder

 

#3 : Bisa Mendengarkan Audio

Fitur unggulan lain dari aplikasi ini adalah adanya dukungan audio untuk setiap bacaan dzikir. Pengguna bisa belajar cara melafalkan bacaan doa dan dzikir yang benar dengan mendengarkan audionya.

Caranya pun mudah, cukup dengan mengklik tombol play yang terdapat di pojok kanan atas pada bacaan yang ingin kita dengarkan audionya.

mendengarkan audio

 

#4 : Ringan dan Tanpa Iklan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah ringan digunakan sehingga cocok untuk diinstal di smartphone Android dengan spesifikasi minim sekalipun.

Dan satu lagi, aplikasi ini insya Allah tidak menampilkan iklan sehingga pengguna bisa nyaman untuk memanfaatkan aplikasinya dalam memandu dzikir pagi, dzikir petang, dan dzikir sesudah shalat fardhu tanpa terganggu oleh kemunculan pop up iklan.

***

Demikianlah sekilas informasi tentang aplikasi dzikir pagi petang sesuai Sunnah yang bisa dimanfaatkan. Sebagai informasi saja, aplikasi ini direkomendasikan tanpa ada unsur apapun. Kami menginformasikan karena ada manfaat yang dirasakan dari aplikasi ini, dan semoga apa yang disampaikan bisa bermanfaat juga untuk siapapun yang kebetulan membutuhkan aplikasi yang bisa dijadikan panduan untuk melakukan amalan dzikir pagi petang.

Alhamdulillah saat ini kita berada di zaman teknologi yang berkembang pesat. Ini merupakan nikmat dari Allah subhanahu wa ta’ala yang harus disyukuri dan dimanfaatkan dalam rangka meraih keridhaan-Nya. Termasuk dalam urusan dzikir ini, ada banyak panduan yang tersedia, baik dalam bentuk buku saku dzikir pagi petang yang mudah dibawa kemana-mana, serta dalam bentuk aplikasi yang dijelaskan di atas.

Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran, serta memberikan taufik kepada kita untuk mengetahui ilmu tentang syari’at agama Islam untuk kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan menjaga lisan dan hanya memanfaatkannya dalam kebaikan, sehingga bisa memberikan keselamatan di dunia dan akhirat, aamiin ya Rabbal ‘alamin…

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *