Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah

Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah

Dzikir pagi dan petang adalah satu diantara perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah diterangkan dalam al-Qur’an.

Allah ta’ala berfirman

وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوبِ

Bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelum matahari terbit dan sebelum terbenam. (QS. Qaf : 39)

 

فَسُبْحَانَ اللَّهِ حِينَ تُمْسُونَ وَحِينَ تُصْبِحُونَ

Bertasbihlah kepada Allah pada petang hari dan pada pagi hari (waktu subuh),

(QS. Ar-Rum : 17)

 

Keutamaan dzikir dan perumpaan orang yang berdzikir dengan yang tidak pun telah diterangkan dalam hadits :

وَعَنْ أَبِي مُوْسَى الأَشْعَرِي – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( مَثَلُ الَّذِي يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالَّذِي لاَ يَذْكُرُهُ مَثَلُ الحَيِّ وَالمَيِّتِ )) . رَوَاهُ البُخَارِيُّ .

Dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perumpamaan orang yang berdzikir (mengingat) Rabbnya dan yang tidak bagaikan orang yang hidup dan orang yang mati.” (HR. Bukhari) [HR. Bukhari, no. 6407 dan Muslim, no. 779]

 

Bacaan Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah

Ada banyak referensi yang bisa dijadikan rujukan tentang bacaan dzikir pagi dan petang yang sesuai sunnah. Namun kita harus tahu juga, bahwa ternyata ada beberapa sumber berupa buku, artikel, dan panduan dzikir yang mencantumkan dalil-dalil dari hadits yang lemah bahkan dho’if.

Untuk memberikan gambaran, pada sub judul selanjutnya akan kami berikan beberapa referensi yang bisa Antum manfaatkan sebagai panduan dalam mengamalkan dzikir pagi dan petang.

Bagi yang sudah terbiasa mengamalkan dzikir pagi dan petang ini, insya Allah semua panduan tersebut sudah tidak begitu diperlukan lagi, karena semua bacaannya insya Allah sudah dihafal dan diingat, sehingga lisan kita melafazkannya dengan sangat lancar.

 

Keutamaan Dzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjanjikan banyak keuntungan dan keutamaan bagi para hamba-Nya yang senantiasa berdzikir.

Jadi, sangat rugi sekali jika kita termasuk orang yang lalai dari dzikir dalam setiap kesempatan yang dimiliki. Mulailah untuk membiasakan lisan kita basah dengan dzikir dan senantiasa menyandarkan hati kita untuk mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala, sehingga limpahan rahmat dan karunia-Nya senantiasa melingkupi kita, insya Allah.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang keutamaan dzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala bisa dilihat pada artikel ini.

 

Panduan Dzikir Pagi dan Petang Berupa Aplikasi PlayStore

Selain buku saku, panduan dzikir pagi dan petang yang sesuai sunnah pun bisa kita dapatkan secara gratis dengan memanfaatkan aplikasi yang terdapat di PlayStore.

Namun kita perlu sangat berhati-hati, karena aplikasi ini sifatnya open source, maka harus ada rekomendasi dari orang yang sudah faham tentang aplikasi yang tepat. Sehingga niat kita untuk mengamalkan dzikir pagi dan petang bisa memenuhi 2 syarat diterimanya ibadah, yakni Ikhlas dan Ittiba’ (sesuai dengan tuntunan dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam).

Diantara berbagai aplikasi panduan dzikir pagi dan petang yang ada PlayStore, satu yang paling kami rekomendasikan adalah aplikasi Adzkar yang bisa di download dari smartphone antum disini.

aplikasi dzikir pagi petang

Kami merekomendasikan aplikasi ini tanpa ada unsur apapun, tetapi karena kami sangat merasakan manfaat dan kemudahan dari pemakaian aplikasi ini, tanpa pop up iklan dan tidak memberatkan smartphone kita, insya Allah.

Tidak menutup kemungkinan aplikasi ini nantinya tidak bisa diakses lagi, atau ada tampilan pop iklan. Semua tergantung dari developer yang menyediakan aplikasi ini.

 

Panduan Dzikir Pagi dan Petang Berupa Buku Saku

Ada satu judul buku saku berukuran kecil, praktis dibawa, dan isinya lengkap dan disandarkan pada dalil-dalil shahih yang bisa dimanfaatkan sebagai panduan bagi Antum dalam rangka melazimkan amalan dzikir setiap hari, di waktu pagi dan petang.

Buku saku ini disusun oleh ustadz kita, yakni Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas hafidzhahullahu ta’ala. Dan alhamdulillah buku saku ini sudah bisa kita dapatkan dengan mudah, baik dengan membelinya di toko buku terdekat ataupun dengan melakukan pemesanan online via Tokopedia.

dzikir pagi dan petang

Jika Antum sudah hafal dengan bacaan dzikir pagi dan petang, maka buku saku ini pun bisa dimanfaatkan sebagai hadiah kaya faidah yang bisa diberikan untuk orang-orang tercinta. Insya Allah setiap dzikir yang terlafadzkan dengan panduan kitab yang antum berikan, pahalanya mengalir sampai kepada antum yang menjadi wasilah amalan kebaikan tersebut. Insya Allah.

***

Demikian informasi singkat yang bisa kami bagikan tentang dzikir pagi dan petang, rekomendasi artikel tentang keutamaan dzikir, panduan dzikir pagi dan petang sesuai sunnah berupa buku dan aplikasi PlayStore.

Semoga apa yang singkat ini bermanfaat dan memberikan faidah kepada kita semua. Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum..

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *