Bagaimana Jika Sibuk Bekerja Hingga Lalai Menuntut Ilmu?

Bagaimana Jika Sibuk Bekerja Hingga Lalai Menuntut Ilmu?

Pertanyaan #82
Fulan (Kiaracondong – Bandung)

Bismillah…

Afwan ingin bertanya apakah bekerja larut dari pagi hingga malam hari demi memenuhi kebutuhan keluarga(kebetulan belum menikah dan kedua orang tua sudah tidak bekerja) sehingga lalai dari menuntut ilmu syar’i, namun tetap melaksanakan kewajiban shalat tepat waktu itu apakah itu masib termasuk golongan orang yang cinta dunia ?

Syukron.. jazakallahu khairan…

 

Jawaban :

Bismillah,
Ikhwah a’azzaniyallah wa iyyaakum

Di antara ciri utama orang-orang beriman adalah perhatian mereka yang besar tentang kehidupan agama dan akhiratnya. Meskipun kebanyakan manusia tertipu dengan keindahan dan kehidupan dunia.

Allah Ta’ala berfirman:

بَلْ تُؤْثِرُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا ~ وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ

“Tetapi kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan duniawi, sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal.” (QS. al-A’la: 16-17).

Bekerja memang merupakan kewajiban dan wujud syukur seorang hamba terhadap Allah Ta’ala atas semua nikmat dan karunia yang anugerahkan kepadanya. Akan tetapi, hal tersebut jangan sampai membuat dunia menjadi tujuan utama dan melalaikan dari kehidupan akhirat.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ كَانَتْ الْآخِرَةُ هَمَّهُ جَعَلَ اللَّهُ غِنَاهُ فِي قَلْبِهِ وَجَمَعَ لَهُ شَمْلَهُ وَأَتَتْهُ الدُّنْيَا وَهِيَ رَاغِمَةٌ وَمَنْ كَانَتْ الدُّنْيَا هَمَّهُ جَعَلَ اللَّهُ فَقْرَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ وَفَرَّقَ عَلَيْهِ شَمْلَهُ وَلَمْ يَأْتِهِ مِنْ الدُّنْيَا إِلَّا مَا قُدِّرَ لَهُ

“Barangsiapa akhirat menjadi tujuannya (niatnya), niscaya Allâh akan menjadikan kekayaannya di dalam hatinya, Dia akan mengumpulkan segala urusannya yang tercerai-berai, dan dunia datang kepadanya dalam keadaan hina. Dan barangsiapa dunia menjadi tujuannya (niatnya), niscaya Allâh akan menjadikan kefakiran berada di depan matanya, Dia akan mencerai-beraikan segala urusannya yang menyatu, dan tidak datang kepadanya dari dunia kecuali sekadar yang telah ditakdirkan baginya”. (HR Tirmidzi, no. 2465)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إن الله يبغض كل جعظري جواظ سخاب في الأسواق جيفة بالليل حمار بالنهار عالم بالدنيا جاهل بالآخرة

“Sesungguhnya Allah Ta’ala membenci semua orang yang berkata keras, kasar lagi sombong; orang yang rakus namun pelit; orang yang bersuara gaduh, suka berdebat dan juga sombong di pasar; orang yang tidak pernah bangun malam (tidur sepanjang malam); hanya sibuk dengan dunia di waktu siang; sangat pandai dengan urusan dunia; namun bodoh dengan urusan akhirat.” (HR. Al-Baihaqi)

Itulah mengapa, kesibukan duniawi jangan sampai melalaikan seorang hamba dalam menuntut ilmu syar’i. Banyak sekali cara untuk mendapatkan faidah ilmu syar’i meski dalam keadaan kita bekerja. Jangan sampai kita termasuk golongan orang-orang yang dibenci Allah dalam firman-Nya:

يَعْلَمُونَ ظَاهِرًا مِنَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ عَنِ الْآخِرَةِ هُمْ غَافِلُونَ

“Mereka hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia, sedangkan mereka lalai tentang (kehidupan) akhirat.” (QS. Ar-Ruum: 7)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman :

يَا ابْنَ آدَمَ ! تَـفَـرَّغْ لِـعِـبَـادَتِـيْ أَمْـلَأْ صَدْرَكَ غِـنًـى وَأَسُدَّ فَقْرَكَ ، وَإِنْ لَـمْ تَفْعَلْ مَلَأْتُ يَدَيْكَ شُغْلًا وَلَـمْ أَسُدَّ فَقْرَكَ

‘Wahai anak Adam! Luangkanlah waktumu untuk beribadah kepada-Ku, niscaya Aku penuhi dadamu dengan kekayaan (kecukupan) dan Aku tutup kefakiranmu. Jika engkau tidak melakukannya, maka Aku penuhi kedua tanganmu dengan kesibukan dan Aku tidak akan tutup kefakiranmu.’ (HR. Ahmad, at-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan al-Hakim)

Semoga Allah Ta’ala menjadikan akhirat sebagai ambisi terbesar kita dan menjaga kita dari tipu daya syetan di dunia. Aamiin.

Wallaahu a’lam. Baarakallaah fiikum.

 

Dijawab oleh ustadz Rian Abu Rabbany hafizhahullahu ta’ala.

***

Semoga jawaban dari pertanyaan tentang bagaimana jika sibuk bekerja hingga lalai menuntut ilmu? ini bermanfaat dan memberikan faidah kepada kita semua. Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *