Bolehkah Membawa Salib ke Dalam Rumah

Bolehkah Membawa Salib ke Dalam Rumah

Pertanyaan #20
Ibu Fulanah (Bandung)

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh..

izin bertanya ustadz.. bagaimana jika seorang perempuan yang murtad tetapi tinggal bersama kedua orang tuanya, dan diketahui bahwa perempuan tersebut selalu membawa bawa (maaf) salib ke dalam rumah tersebut..

Apakah boleh ustadz?

 

Jawaban :

Na’udzu billahi min dzalik…

Semoga kita dijauhkan dari hal tersebut dan Allah Subhanahu wa Ta’ala menetapkan hidayah dan keimanan di dalam hati kita semua, hingga meninggal pun dalam keadaan muslim. Aamiin.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,

أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – لَمْ يَكُنْ يَتْرُكُ فِى بَيْتِهِ شَيْئًا فِيهِ تَصَالِيبُ إِلاَّ نَقَضَهُ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah meninggalkan salib di rumahnya melainkan beliau menghapusnya.” (HR. Bukhari no. 5952).

Imam Bukhari membawakan hadits di atas pada Bab “Menghapus shuwar (gambar)”. Maksud dari Imam Bukhari bukanlah hanya menghapus gambar atau patung makhluk bernyawa.

Salib juga termasuk di dalamnya dan lebih daripada itu karena salib dijadikan sesembahan selain Allah. Yang dimaksud naqodh dalam hadits adalah menghilangkan atau menghapus. (Lihat Fathul Bari karya Ibnu Hajar, 10: 385).

Oleh karenanya, hendaknya sebisa mungkin orang tua menasihati dan tetap mendoakan kebaikan anak tersebut. Semoga bisa menjadi wasilah Allah mengembalikan hidayah serta taufik kepada anak tersebut sehingga kembali dalam keislaman dan keimanan. Aamiin…

Hadaanallaah wa iyyaaha. Aamiin.

 

Dijawab oleh Ustadz Rian Abu Rabbany

***

Semoga apa yang singkat ini bermanfaat dan memberikan faidah kepada kita semua. Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *