Dakwah Sesuai Ilmu

Dakwah Sesuai Ilmu

Dakwah sesuai Ilmu itu penting! Karena jika dakwah kebablasan tanpa dasar ilmu, maka apa yang didakwahkan bisa jadi keliru dan menyesatkan. Simak penjelasannya disini…

Bismillah…

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ تَطَبَّبَ وَلَمْ يُعْلَمْ مِنْهُ طِبٌّ قَبْلَ ذَلِكَ فَهُوَ ضَامِنٌ

Barangsiapa mengobati sedangkan ia tidak tahu mengenai pengobatan, maka dia harus bertanggung jawab.” (HR. Abu Dawud, An-Nasa’i, Ibnu Majah, dan al-Hakim)

Kandungan Hadits

  1. Celaan bagi orang yang mengaku-ngaku

  2. Kemuliaan profesi dokter. Imam asy-Syafi’i rahimahullah berkata: “Ilmu itu ada dua: ilmu agama dan ilmu dunia. Ilmu agama adalah ilmu fiqih, sedangkan ilmu dunia adalah ilmu kedokteran. Janganlah kalian tinggal di suatu tempat yang tidak ada seorang alim yang menjelaskan agama padamu, dan tidak ada dokter yang menjelaskan urusan fisikmu.”

  3. Orang yang mengaku-ngaku itu adalah perusak.

  4. Orang yang mengaku sebagai alim wajib menanggung akibat dari pengakuannya itu.

  5. Bila dalam perkara fisik, mengaku-ngaku sebagai ahli dapat menimbulkan bahaya, terlebih lagi orang yang mengaku sebagai ‘alim yang dapat merusak agama dan hati.

  6. Para da’i bertingkat-tingkat dalam dakwah berdasarkan ilmunya. Hendaknya ia tidak mengaku-ngaku sesuatu yang tidak ia kuasai dan hendaknya ia tidak malu mengatakan “saya tidak tahu” sehingga ia tidak menimbulkan bahaya untuk dirinya dan orang lain.

  7. Hendaknya orang yang mencari kebenaran bertanya pada seorang alim yang dikenal dengan akidahnya yang shahih, manhajnya yang lurus, serta kedalaman ilmu.

 

•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•
📖 Disarikan oleh Ustadz Rian Abu Rabbany dari “Kitab Arba’un Haditsan fi at-Tarbiyyah wal Manhaj” disusun oleh Syaikh Abdul Aziz bin Muhammad bin Abdullah as-Sadhan hafizhahullah
•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•

***

Demikianlah artikel tentang dakwah sesuai ilmu. Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran, serta memberikan taufik kepada kita untuk mengetahui ilmu tentang syari’at agama Islam, termasuk perkara-perkara berbahaya yang sebaiknya kita waspada terhadapnya.

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *