Keutamaan Shalat Tarawih

Keutamaan Shalat Tarawih

Bismillah…

Diantara berbagai jenis amal ibadah yang khusus di bulan Ramadhan, terdapat satu ibadah yang begitu dianjurkan, yakni shalat tarawih.

Sesuatu hal yang dianjurkan dalam syari’at Islam tentu memiliki keutamaan tersendiri. Demikian juga dengan shalat tarawih. Ada keutamaan shalat tarawih yang akan didapatkan bagi siapapun yang mengamalkannya.

Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

Imam an-Nawawi rahimahullah dalam al-Minhaj Syarh Shahih Muslim menyebutkan bahwa qiyam Ramadhan adalah shalat tarawih.

 

keutamaan shalat tarawih

 

Kemudian seiring berkembangnya teknologi dan informasi, seperti sarana broadcast message via BBM, via WA, via telegram, facebook, website dan lain sebagainya, membuat kabar-kabar bisa tersebar dengan sangat mudah di tengah masyarakat, tanpa difilter dan dikaji terlebih dahulu dengan seksama. Salah satu kabar yang tersebar luas tersebut adalah tentang keutamaan-keutamaan shalat tarawih di setiap malamnya.

Dalam kabar tersebut disebutkan keutamaan tarawih malam di pertama, keutamaan di malam kedua, dan malam seterusnya. Kabar dan berita berita yang tersebar ini didasarkan pada sebuah Hadits yang disebutkan dalam kitab Durrotun Nashihiin karya Syaikh al-Khubawi.

Hadits yang dijadikan dalil dalam pesan / kabar tersebut adalah hadits palsu yang sama sekali tidak bisa dijadikan hujjah.

(untuk membaca kutipan hadits yang dimaksud silahkan lihat disini)

Bahkan Rabi’ bin Hutsaim rahimahullah dalam kitab al-Maudhuu’aat mengatakan :

“Sesungguhnya hadits itu memiliki cahaya seperti cayaha di siang hari, sehingga engkau dapat melihatnya. Dan memiliki kegelapan seperti gelapnya malam, sehingga engkau mengingkarinya.”

Al-Lajnah ad-Da’imah pernah ditanya tentang hadits tersebut, kemudian mereka menjawab :

“Hadits tersebut adalah hadits yang tidak ada sumbernya (laa ashla lahu). Bahkan, hadits tersebut merupakan kebohongan atas nama Rasulullah ﷺ.”

Sementara beliau ﷺ bersabda:

مَنْ كَذَبَ عَلَىَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ

“Barangsiapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja, maka hendaknya dia bersiap-siap mengambil tempat di Neraka.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Oleh karenanya, sebagai seorang mukmin hendaknya kita senantiasa beribadah sesuai yang dituntut dan dijelaskan oleh syariat, serta dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ. Hendaknya kita tidak menyebarkan keutamaan-keutamaan ibadah tanpa dasar, hanya dengan prasangka bahwa itu kebaikan dan bagian dakwah. Islam adalah agama dalil, sehingga tidak hal pun yang luput dari penjelasan Rasulullah ﷺ.

مابقي شيء يقرب منْ الْجَنَّة ويباعد منْ النَّار إلا وقد بين لكم

“Tidak tersisa suatu (amalan) pun yang dapat mendekatkan kepada surga dan menjauhkan dari neraka, kecuali sudah dijelaskan semuanya kepada kalian.” (HR. Thobroni dalam Al Mu’jamul Kabir 1647, dishohihkan oleh Syaikh Ali Hasan Al Halabi dalam Ilmu Ushulil Bida’ hal. 19)

Semoga Allah Ta’ala memberikan taufik dan hidayah kepada kita semua untuk menjalankan agama ini sebagaimana yang disyariatkan serta mencukupkan kita dengan al-haq dari perkara-perkara baru dalam agama dan menyesatkan.

Referensi:

Hadits Palsu 30 Keutamaan Shalat Tarawih


https://www.saaid.net/Doat/Zugail/149.htm

Disarikan oleh Ustadz Rian Abu Rabbany

***

Demikianlah artikel yang membahas tentang keutamaan shalat tarawih. Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran, serta memberikan taufik kepada kita untuk mengetahui ilmu tentang syari’at agama Islam untuk kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa menghadirkan keberkahan dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, aamiin ya Rabbal ‘alamin…

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum..

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *