Kewajiban Menghormati Nama-Nama Allah

Kewajiban Menghormati Nama-Nama Allah

Bismillah…

Allah Ta’ala berfirman :

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al-A’raf: 180)

Pada ayat tersebut, Allah Ta’ala mengabarkan nama-nama-Nya adalah husna, yakni sangat bagus, kebagusannya mencapai puncaknya, tidak ada yang lebih bagus darinya, dan nama-nama itu menunjukkan sifat-sifat keagungan dan kemuliaan.

Nama-nama Allah itu tauqifiyah (harus ada nash dalil) dan kita tidak berhak menamai Allah kecuali dengan nama yang Allah tetapkan untuk diri-Nya dan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam tetapkan untuk-Nya.

Kemudian Allah Ta’ala memerintahkan untuk memohon kepada-Nya dan bertawasul kepada-Nya dengan nama-nama tersebut.

Nama-nama Allah berjumlah banyak, tidak terbatas angka dan jumlah, di antaranya ada yang Allah khususkan dalam ilmu-Nya, Allah tidak mengajarkannya kepada malaikat yang dekat dan nabi yang diutus.

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan bahwa Allah Ta’ala membagi nama-nama-Nya menjadi tiga, yaitu:

  1. Nama yang Dia namai diri-Nya dengan nama tersebut, yang Dia tunjukkan pada siapa yang dia kehendaki namun tidak diturunkan dalam kitab-Nya.

  2. Nama yang Allah turunkan dalam kitab-Nya

  3. Nama yang tidak Allah buka kepada makhluk siapa pun.

Kemudian di akhir ayat, Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk berpaling dari orang-orang yang menyimpang dalam nama-nama-Nya yaitu menyelewengkannya, membawa makna dan hakikatnya yang benar kepada makna yang salah.

 

•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•
📖 Disarikan oleh Ustadz Rian Abu Rabbany dari kitab “Panduan Lengkap Membenahi Akidah” Karya Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullaah
•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•

***

Demikianlah artikel yang membahas tentang kewajiban menghormati nama-nama Allah. Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran, serta memberikan taufik kepada kita untuk mengetahui ilmu tentang syari’at agama Islam untuk kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa menghadirkan keberkahan dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, aamiin ya Rabbal ‘alamin…

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *