Manhaj Ahlusunnah wal Jama’ah dalam Nama dan Sifat Allah

Manhaj Ahlusunnah wal Jama’ah dalam Nama dan Sifat Allah

Manhaj Ahlusunnah wal Jama’ah dalam Nama dan Sifat Allah – Bagaimana penjelasan selengkapnya? Insya Allah akan dijelaskan dalam 5 poin dalam artikel ini.

Bismillah..

Ahlussunnah wal jamaah menetapkan nama dan sifat Allah sebagaimana yang ditunjukkan al-Quran dan as-Sunnah disertai keyakinan terhadap makna dzahirnya, tanpa menyerupakan (tasybih) dengan makhluk.

Di antara dasar dan kaidah Ahlussunnah wal jamaah yang lurus dalam hal ini adalah :

1️⃣ Semua Nama dan sifat Allah itu tauqifiyyah, sehingga mereka tidak menetapkannya berdasarkan akal pemikiran, tapi berdasarkan dalil al-Quran dan as-Sunnah.

2️⃣ Sifat Allah yang ditetapkan dalam al-Quran maupun As-Sunnah itu benar secara makna dzahirnya, sehingga mereka menetapkan lafadz sifat dan maknanya, tidak menyerahkan (tafwidh) makna pada Allah Ta’ala. Makna sifat itu diketahui, sedangkan kaifiyat (bentuk dan kondisi)nya tidak diketahui.

3️⃣ Salaf menetapkan sifat Allah tanpa menyerupakan (tamtsil) dengan sifat makhluk, karena Allah Ta’ala tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya, tidak ada tandingan bagi-Nya.

4️⃣ Ahlussunnah wal jamaah menyucikan sifat Allah Ta’ala dari kekurangan dan aib namun tanpa menganulir (ta’wil) dan memalingkan (tahrif) maknanya.

5️⃣ Cara Ahlussunnah wal jamaah adalah menafikan secara global, namun merinci saat menetapkan. Setiap penafian dalam sifat Allah mengandung penetapan kesempurnaan dari sifat kebalikannya, bukan hanya menunjukkan penafian saja. Contoh menafikan kezaliman dari Allah Ta’ala, mengandung makna penetapan kesempurnaan sifat adil dari Allah Ta’ala.

 

•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•
📚 Disarikan oleh Ustadz Rian Abu Rabbany hafizhahullah dari buku “Al-Irsyad ilaa shahihil I’tiqad” Karya Syaikh Shalih Fauzan hafizhahullah
•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•

***

Demikianlah artikel yang membahas tentang manhaj Ahlusunnah wal Jama’ah dalam Nama dan Sifat Allah, yang mudah-mudahan bisa menjadi pelajaran agar bisa membenarkan dan meluruskan aqidah kita semua.

Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran, serta memberikan taufik kepada kita untuk mengetahui ilmu tentang syari’at agama Islam untuk kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa menghadirkan keberkahan dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, aamiin ya Rabbal ‘alamin…

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *