Masuk Neraka Karena Ucapan, “Allah Tidak Akan Mengampunimu”

Masuk Neraka Karena Ucapan, “Allah Tidak Akan Mengampunimu”

Bismillah…

Sungguh tragis nasib laki-laki yang masuk neraka akibat mengucapkan perkataan seperti ini, padahal ia bukan orang yang malas beribadah, bukan pula orang yang tidak beramar makruf nahi munkar. Namun karena lisannya, ia tergelincir ke jurang neraka.

Dhamdham bin Jaus al-Yamani bercerita: Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata kepadaku:

“Hai Yamami, jangan sekali-kali engkau berkata kepada seseorang: ‘Allah tidak akan memasukkanmu ke dalam surga, selamanya’. Aku menanggapi: ‘Wahai Abu Hurairah, sungguh itulah kalimat yang sering diucapkan salah seorang dari kami kepada saudara atau temannya ketika marah’.

Abu Hurairah menyatakan :

“Jangan ucapkan kata-kata seperti itu. Sungguh aku mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Dahulu kala di kalangan Bani Israil ada dua orang laki-laki. Yang satu rajin beribadah, sementara yang lain gemar berbuat dosa. Kedua laki-laki ini bersaudara. Yang rajin ibadah senantiasa melihat saudaranya berbuat dosa sehingga ia pun berkata: ‘Hai saudaraku, berhentilah!‘ Saudaranya itu berkata: ‘Biarkanlah aku bersama Rabbku, apakah engkau diutus untuk mengawasi diriku?

Sampai pada suatu hari, ia melihat saudaranya berbuat dosa yang dianggap besar olehnya, lantas ia berkata kepadanya: ‘Celaka engkau, berhentilah!’ Saudaranya itu berkata: ‘Biarkanlah aku bersama Rabbku, apakah engkau diutus untuk mengawasi diriku?

Maka ia berkata: ‘Demi Allah, Allah tidak akan pernah mengampunimu,’ atau ia berkata: ‘Demi Allah, Allah tidak akan memasukkanmu ke dalam surga, selamanya.‘ Salah satu dari dua kalimat itulah yang dikatakan olehnya.

Allah kemudian mengirim malaikat kepada kedua orang ini untuk mencabut nyawa mereka, maka keduanya ditakdirkan bertemu lagi di akhirat.

Allah pun berkata kepada laki-laki yang berbuat dosa: ‘Pergi dan masuklah ke dalam surga dengan rahmat-Ku.‘ Dan Allah berkata kepada yang satu lagi: ‘Apakah engkau mempunyai pengetahuan perihal keputusan-Ku? Apakah engkau mempunyai kuasa atas apa yang ada di tangan-Ku? Seretlah ia ke neraka.

Abu Hurairah berkata:

Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya. Sungguh, ia telah mengucapkan satu kalimat yang menghancurkan dunia dan akhiratnya.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

 

•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•
📚 Disarikan oleh Ustadz Rian Abu Rabbany dari buku “Panduan Amal Sehari Semalam” Karya Abu Ihsan al-Atsari dan Ummu Ihsan hafizhahumallah
•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•

***

Demikianlah artikel yang membahas tentang masuk neraka karena ucapan, “Allah tidak akan mengampunimu”, yang mudah-mudahan bisa menjadi pelajaran untuk kita semua.

Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran, serta memberikan taufik kepada kita untuk mengetahui ilmu tentang syari’at agama Islam untuk kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa menghadirkan keberkahan dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, aamiin ya Rabbal ‘alamin…

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *