Petunjuk Al-Qur’an Bagi Muslimah #1

Petunjuk Al-Qur’an Bagi Muslimah #1

Bismillah…

Al-Qur’an adalah kitabullah yang diturunkan sebagai petunjuk dan rahmat bagi manusia menuju kebahagiaan hakiki dan keberhasilan dunia dan akhirat.

Di dalamnya terkandung petunjuk-petunjuk dan obat beragam penyakit. Barangsiapa menempuh jalan selain yang ditunjukkan al-Qur’an maka ia akan gagal dan menjadi hina.

Allah Ta’ala berfirman :

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ ۗ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا مُبِينًا

“Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata.” (QS. Al-Ahzab: 36)

Al-Qur’an ini adalah cahaya yang menuntun hamba menuju jalan Allah yang lurus. Berikut ini penulis menyebutkan beberapa petunjuk khusus bagi para muslimah.

Jika mereka menerima dan berpegang teguh pada petunjuk-petunjuk tersebut, maka mereka akan bahagia di dunia dan akhirat, serta mendapatkan kemuliaan dan keberhasilan hakiki. Namun sebaliknya jika mereka meninggalkan petunjuk-petunjuk tersebut, maka ia akan binasa dan membinasakan orang lain.

Petunjuk-petunjuk tersebut mengandung adab yang agung dan tak layak diperdebatkan, karena orang yang merasa ragu atau bahkan enggan menerima petunjuk al-Qur’an, maka imannya tidaklah sempurna.

Setiap perempuan muslimah wajib mengetahui -dengan cara membaca petunjuk-petunjuk al-Qur’an dan merenungi kandungan kalamullaah itu- bahwa kebahagiaannya tidak akan terealisasi dengan sempurna kecuali dengan tunduk pada petunjuk Allah dan menempuh jalan-Nya yang lurus.

Di antara petunjuk al-Qur’an khusus bagi muslimah adalah :

 

#1 : Petunjuk yang paling agung dan mulia bagi muslimah adalah perintah untuk memohon penjagaan dengan cara beribadah pada Allah

Allah Ta’ala berfirman :

وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.” (QS. Al-Ahzab: 33)

 

#2 : Perintah untuk berhijab dan istiqamah di dalamnya.

Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

 

#3 : Menghindari tabarruj dan menampilkan wajah sebagaimana dilakukan kaum jahiliyah.

Allah Ta’ala berfirman :

وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ

“Dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu.” (QS. Al-Ahzab: 33)

 

•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•
📖 Disarikan oleh Ustadz Rian Abu Rabbany dari kitab Mau’idzatu an-Nisa Karya Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-Badr hafizhahullaah.
•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•

***

Demikianlah artikel yang membahas tentang petunjuk Al-Qur’an bagi Muslimah #1 yang diambil dari kitab Mau’idzatu an-Nisa.

Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran, serta memberikan taufik kepada kita untuk mengetahui ilmu tentang syari’at agama Islam untuk kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa menghadirkan keberkahan dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, aamiin ya Rabbal ‘alamin…

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

 

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *