Pokok-pokok Agung (bagian pertama)

Pokok-pokok Agung (bagian pertama)

Bismillah…

Saudariku, saya (penulis kitab) berwasiat kepadamu. Semoga Allah Ta’ala mengindahkan hidupmu dengan ilmu dan iman, menghiasi waktumu dengan ketaatan dan kebaikan, menjaga tubuhmu dengan hijab dan rasa malu. Aamiin.

Hendaknya engkau menyadari bahwa agama dan hidayah Allah ini merupakan nikmat dan karunia-Nya yang agung. Agama ini adalah satu-satunya agama yang Dia ridhai dan sempurnakan bagi hamba-hamba-Nya, sehingga tidak ada agama lain yang Dia terima selain Islam. Agama ini memperbaiki akidah dan akhlak serta kehidupan manusia di dunia dan di akhirat.

Oleh karenanya, hendaknya kita merenungi pokok-pokok agung yang dapat membantu kokohnya hidayah terhadap agama ini serta munculnya kelapangan dada dan keridhaan atas agama tersebut.

  • Pertama, mesti kita yakini dengan sebenarnya bahwa hukum yang paling baik, paling sempurna, dan paling indah adalah hukum Allah Ta’ala, Pencipta makhluk seluruhnya. Bila keyakinan ini ada pada diri kita, maka kita tidak akan pernah ragu menerima serta mengamalkan hukum dan perintah Allah Ta’ala sedikitpun.

  • Kedua, kebahagiaan dan kemuliaan berkaitan erat dengan agama dan ketaatan kita pada Rabb semesta alam. Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu. Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.” (QS. Asy-Syams: 9-10)

  • Ketiga, hendaknya kita memperhatikan bahwa seorang muslimah memiliki banyak musuh yang berusaha keras menyesatkan ke dalam kehinaan dan menjauhkannya dari kebahagiaan. Pemimpinnya adalah musuh Allah, musuh agama, dan musuh orang-orang beriman yaitu syaithan. Oleh karenanya, hendaknya kita tetap mewaspadai hal tersebut.

  • Keempat, hendaknya kita beriman dengan kokoh bahwa hidayah, keshalihan, istiqamah, serta tercapainya kebaikan, berkah, dan kemuliaan merupakan kehendak Allah Ta’ala.

Allah Ta’ala berfirman :

وَمَن يُهِنِ ٱللَّهُ فَمَا لَهُۥ مِن مُّكْرِمٍ

“Dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yang memuliakannya.” (QS. Al-Hajj: 18)

Oleh karenanya, hendaknya kita memperkuat hubungan kita dengan Allah, senantiasa bergantung serta mengharapkan hidayah dan keteguhan dari-Nya. Di antara doa yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ adalah :

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لي دِينِي الذي هو عِصْمَةُ أَمْرِي، وَأَصْلِحْ لي دُنْيَايَ الَّتي فِيهَا معاشِي، وَأَصْلِحْ لي آخِرَتي الَّتي فِيهَا معادِي، وَاجْعَلِ الحَيَاةَ زِيَادَةً لي في كُلِّ خَيْرٍ، وَاجْعَلِ المَوْتَ رَاحَةً لي مِن كُلِّ شَرٍّ.

“Ya Allah, perbaikilah bagiku agamaku yang menjadi pegangan urusanku; perbaikilah bagiku duniaku yang menjadi tempat kehidupanku; perbaikilah bagiku akhiratku yang menjadi tempat kembaliku; serta jadikanlah kehidupanku mempunyai nilai tambah bagiku dalam segala kebaikan dan kematianku sebagai kebebasanku dari segala keburukan.” (HR. Muslim, no. 2720)

•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•
📖 Disarikan oleh Ustadz Rian Abu Rabbany dari kitab Mau’idzatu an-Nisa Karya Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-Badr hafizhahullaah.
•═◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═•

***

Demikianlah artikel yang membahas tentang pokok-pokok agung (bagian pertama) yang diambil dari kitab Mau’idzatu an-Nisa.

Semoga Allah senantiasa membimbing dan menunjukkan kita kepada kebenaran, serta memberikan taufik kepada kita untuk mengetahui ilmu tentang syari’at agama Islam untuk kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa menghadirkan keberkahan dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, aamiin ya Rabbal ‘alamin…

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

 

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *