Bagaimana Cara I’tikaf di Saat Wabah

Bagaimana Cara I’tikaf di Saat Wabah

Pertanyaan #88

Mengenai I’tikaf dalam kondisi saat ini, apakah bisa dilakukan di rumah?

 

Jawaban :

Bismillah…

Berkaitan dengan i’tikaf di rumah. I’tikaf itu artinya khan “tinggal”, “berdiam diri”. Sedangkan dalam pengertian secara syar’i, i’tikaf adalah Tinggalnya seorang muslim yang mumayyiz di dalam masjid dalam rangka melakukan ketaatan kepada Allah ‘azza wa jalla.

Dan tentang masjid yang diperbolehkan untuk dipilih sebagai tempat i’tikaf pun memiliki kriteria khusus seperti masjidnya biasa diselenggarakan shalat Jum’at.

Adapun kondisi Ramadhan 1441 h ini, dimana pemerintah sudah memberlakukan pembatasan kegiatan yang melibatkan massa sebagai langkah pencegahan penyebaran wabah Corona, maka kita tidak melaksanakan i’tikaf di masjid, dan kita tetap tinggal di rumah.

Adapun yang dilakukan adalah sebagaimana yang biasa dilakukan ketika i’tikaf bisa dengan membaca Al-Qur’an, menghidupkan malamnya di 10 malam terakhir, membangunkan keluarga untuk sama-sama melakukan berbagai ibadah yang disyari’atkan.

Dan Alhamdulillah saat ini sudah tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak ber-i’tikaf bersama seluruh anggota keluarga, karena suami ada di rumah, anak-anak pun tinggal di rumah, yang insya Allah bisa membuat kita lebih fokus beribadah di 10 malam terakhir, walaupun tidak dilakukan di masjid karena kondisi yang tidak memungkinkan.

Bagi yang sudah terbiasa melakukan i’tikaf di masjid setiap tahunnya dan sudah meniatkannya untuk tahun ini, akan  tetapi terhalang karena ada udzur syar’i, maka insya Allah tetap akan mendapatkan pahala sebagaimana yang biasa diamalkan walaupun tahun ini hanya i’tikaf di rumah saja.

 

(Disarikan dari ceramah singkat Ustadz Syafiq Riza Basalamah)

***

Semoga jawaban dari pertanyaan tentang bagaimana cara i’tikaf di saat wabah ini bermanfaat dan memberikan faidah kepada kita semua. Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum.

 

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *