Apakah 4 Imam Madzhab Berbeda Pendapat dalam Hal Aqidah?

Apakah 4 Imam Madzhab Berbeda Pendapat dalam Hal Aqidah?

Bismillah…

Pertanyaan :

Apakah empat Imam Madzhab (Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam as-Syafi’i, Imam Ahmad) berbeda pendapat dalam masalah aqidah?

Seperti sifat istiwa’ di atas arsy, dan turunnya Allah Azza wa Jalla ke langit dunia?

 

Jawaban :

Berkaitan dengan sifat Allah, aku tidak tahu ada perbedaan pendapat di antara mereka. Bahkan mereka semua, berada di atas pendapat yang disepakati oleh para pendahulu mereka.

Semuanya mengatakan,

“Siapa yang mengatakan bahwa Al-Qur’an adalah makhluk, maka ia telah kafir.”

Dan semuanya berkata sebagaimana (isi) perkataan Imam Malik,

“Allah itu di atas langit, dan ilmunya ada di semua tempat.”

Dengan artian, Allah ber-istiwa di atas arsy-Nya, dan Ia bersama kita dengan ilmunya. Dan semua Imam yang empat membakukan terkait permasalahan sifat Allah, di atas (pondasi) yang disepakati oleh salafush shalih, semoga ridha Allah atas mereka.

Namun, yang perlu disayangkan, sebagian pengikut madzhab yang tidak sepakat dengan aqidah imamnya. Mereka men-takwil ucapan imamnya agar sesuai dengan madzhab mereka. Dan yang dimaksud adalah pengikut mereka pada generasi akhir-akhir.

Yang mana, seharusnya mereka kembali kepada pendapat imam mereka dalam aqidah, akan tetapi mereka malah mengarahkan perkataan imam mereka kepada aqidah yang mereka percaya, melakukan takwil pada ucapan imam mereka agar sesuai dengan aqidah mereka. Dan ini termasuk makar setan.

Andai saja mereka jujur kepada Allah, pasti mereka akan tahu, apa yang seharusnya mereka lakukan! Yaitu kembali kepada Al-Qur’an dan sunnah serta kesepakatan generasi pertama umat ini, serta kembali kepada pendapat Imam besar mereka.

 

Disarikan dari video kajian singkat berjudul “Imam 4 Madzhab Sepakat Dalam Aqidah” – Syaikh Sulaiman Ar-Ruhaily hafizhahullah

***

Semoga jawaban pertanyaan tentang apakah 4 Imam Madzhab berbeda pendapat dalam hal Aqidah ini bermanfaat dan memberikan faidah kepada kita semua. Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

 

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *