Apakah Menghujat Pemimpin dan Demo Termasuk Perbuatan Dosa?

Apakah Menghujat Pemimpin dan Demo Termasuk Perbuatan Dosa?

Bismillah….

Pertanyaan :

Tadi disampaikan bahwa cinta pada negara bisa mendatangkan pahala. Apakah ada perbuatan yang mendatangkan dosa selain pengkhianatan kepada negara? Apakah menghujat pemimpin dan demo juga termasuk perbuatan dosa?

Jawaban :

Tadi sudah dijelaskan bahwa cinta kepada negeri adalah kita menjaga keamanan dan ketentraman, segala hal yang bisa merusak kedaulatan, hal yang berpotensi menghilangkan stabilitas keamanan, itu di antara bentuk merusak kondisi negara yang sudah ada.

Kalau ada kesalahan kepada pemerintah dan negara, maka ada prosedur yang harus kita jalani untuk memperbaikinya. Bukan dengan turun ke jalan, bukan dengan hujat dan maki-makian, membuat kekacauan, menarik kemarahan masa.

Kita bisa melihat contoh-contoh yang sudah terjadi di negara lain, hasil dari menghujat pemimpin dan demo yang dilakukan, menghasilkan kejadian yang lebih hancur. Maka jangan sampai kita punya andil dalam rangka merusak ketentraman yg sudah ada.

 

◆ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbicara tentang nasihat

عَنْ أَبِي رُقَيَّةَ تَمِيْمٍ بْنِ أَوْسٍ الدَّارِي رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ قَالَ الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ قُلْنَا : لِمَنْ ؟ قَالَ للهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلِأَئِمَّةِ المُسْلِمِيْنَ وَعَامَّتِهِمْ – رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Ruqayyah Tamim bin Aus Ad-Daari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Agama adalah nasihat.” Kami bertanya, “Untuk siapa?” Beliau menjawab, “Bagi Allah, bagi kitab-Nya, bagi rasul-Nya, bagi pemimpin-pemimpin kaum muslimin, serta bagi umat Islam umumnya.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 55]

Dalam hadits di atas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membedakan antara nasehat kepada pemimpin dengan nasehat kepada orang awam berbeda.

 

◆ Firman Allah Ta’ala ketika mengutus Nabi Musa kepada Firaun

اذْهَبَا إِلَى فِرْعَوْنَ إِنَّهُ طَغَى (٤٣)فَقُولا لَهُ قَوْلا لَيِّنًا لَعَلَّهُ يَتَذَكَّرُ أَوْ يَخْشَى (٤٤)

Pergilah kamu berdua kepada Fir’aun, sesungguhnya dia telah melampaui batas. Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat dan takut.” (QS. Thaha: 43-44)

Berikan nasihat sesuai prosedur! Bukankah kita memberikan nasihat supaya bisa didengar, supaya bisa dijalankan nasihat kita, maka cari cara yang terbaik.

 

◆ Nabi ketika menulis surat kepada Heroclius padahal kafir

“Kepada Heroclius penguasa Romawi.”

Harus ada adab-adabnya dalam menasehati penguasa.

 

◆ Sabda Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam

Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

أَفْضَلُ الْجِهَادِ كَلِمَةُ عَدْلٍ عِنْدَ سُلْطَانٍ جَائِرٍ

“Jihad yang paling utama ialah mengatakan kebenaran (berkata yang baik) di hadapan penguasa yang zalim.” (HR. Abu Daud no. 4344, Tirmidzi no. 2174, Ibnu Majah no. 4011. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Jihad ini utama, karena ketika dia maju bertemu penguasa yang zalim ada kemungkinan akan dibunuh, tetapi tetap menyampaikan kebenaran.

Intinya, kita harus hati-hati jangan sampai kita punya andil dalam hal yang bisa merusak keamanan. Setiap lisan kita yg membantu terjadi pembunuhan akan ada perhitungannya di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ikuti prosedur! Adapun jika kita sudah melakukan upaya menasihati pemimpin yang sesuai prosedur, mereka tetap tidak berubah, maka itu urusan mereka kepada Allah.

Wallahu’alam.

 

Disarikan oleh team pencatat kajian Online Masjid Astra dari kajian Ustadz Firanda Andirja, Lc. MA. tanggal 16 Agustus 2020 dengan tema “Cinta NKRI“.

***

Semoga jawaban pertanyaan apakah menghujat pemimpin dan demo termasuk perbuatan dosa ini bermanfaat dan memberikan faidah kepada kita semua, agar jangan mudah ikut-ikutan dalam kegiatan demo berpayung jihad yang keliru, karena banyak dalil yang sudah menjelaskan tentang bagaimana upaya yang disyariatkan dalam rangka memberikan nasihat kepada pemimpin .

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *