Tentang Sumpah Ketika Diangkat Menjadi PNS

Tentang Sumpah Ketika Diangkat Menjadi PNS

Bismillah…

Pertanyaan :

Mohon penjelasan tentang teks sumpah ini :

“Demi Allah saya bersumpah dan berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil, akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila dan UUD 45, negara dan pemerintah.”

Apakah ketaatan dan sumpah tersebut termasuk juga kecintaan dan kegigihan.?

Jawaban :

Semua sumpah berlaku jika pada ketaatan, jika sumpah tersebut pada kemaksiatan maka jangan dijalankan.

Ketaatan yang mutlak hanya kepada Allah dan Rasul-Nya. Sementara ketaatan kepada manusia, termasuk kepada penguasa, Allah sudah mengaturnya agar kita hanya mentaatinya dalam perkara yang ma’ruf.

Banyak ranah undang-undang yang berkaitan dengan kenegaraan, dan itu menurut orang-orang yang melakukannya adalah kemaslahatan.

Contoh :

  • Undang-undang lalu lintas, ada lampu merah.

  • Undang-undang pernikahan dan surat nikah.

Dan ini adalah contoh peraturan negara yang tidak bertentangan dengan syariat Islam. Maka wajib bagi kita untuk mentaatinya.

Jika kita bersumpah “demi Allah saya akan taat kepada pemerintah“, maka bila pada perkara-perkara yang baik dan tidak melanggar syariat maka wajib dan itu berpahala. Tapi kalau pemerintah menyuruh kepada keburukan dan maksiat maka jangan kita taat.

Insya Allah sumpah tersebut benar! Jika kita jalankan sumpah tersebut pada perkara-perkara yang ma’ruf maka kita telah menjalankan perintah Allah, karena Allah yang menyuruh kita untuk taat kepada peraturan pemerintah yang mendatangkan kemaslahatan.

Wallahu’alam bishowab.

 

Disarikan oleh team pencatat kajian Online Masjid Astra dari kajian Ustadz Firanda Andirja, Lc. MA. tanggal 16 Agustus 2020 dengan tema “Cinta NKRI“.

***

Semoga jawaban pertanyaan tentang sumpah ketika diangkat menjadi PNS ini bermanfaat dan memberikan faidah kepada kita semua tentang cara bersikap terhadap peraturan pemerintah dan pemimpin di antara kita.

Dapatkan berbagai informasi lainnya mengenai artikel islami, poster nasihat, info kajian sunnah Bandung serta kesempatan untuk melakukan tanya jawab di grup WA Kajian Sunnah Bandung.

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini kepada keluarga, sahabat, teman dan kenalan Anda. Rekomendasikan juga website KajianSunnahBandung.Web.Id agar semakin banyak orang yang mendapatkan faidah dan kebaikan melalui wasilah Antum. Insya Allah…

Barakallahu fiikum…

Dapatkan kebaikan dengan share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *